PLN bangun jaringan listrik dari Desa Sikui hingga Kandui

id Manajer PT PLN Rayon Muara Teweh Permono Gunawan,PLN bangun jaringan Sikui-Kandui Barito Utara,Desa Sikui,Desa Kandui,Pltmg Bangkanai

PLN bangun jaringan listrik dari Desa Sikui hingga Kandui

Manajer PLN Rayon Muara Teweh Permono Gunawan. (Ist)

Kami harapkan dalam pekerjaan pemasangan jaringan itu tidak mengalami kendala sehingga ditargetkan dua bulan sudah terkoneksi jaringan PLTMG tersebut
Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - PT PLN (Persero) akan membangun jaringan listrik dari Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru, hingga Desa Kandui, Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah terkoneksi dengan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Bangkanai.

"Rencananya pekerjaan pemasangan tiang dan kabel listrik dengan jalur tersisa sepanjang 17 kilometer tersebut dilakukan setelah Lebaran," kata Manajer PLN Rayon Muara Teweh Permono Gunawan di Muara Teweh, Jumat.

Menurut dia, pemasangan tiang listrik dan penyambungan jaringan PLN tersebut dari Kilometer 33 Jalan Negara Muara Teweh-Banjarmasin ke Desa Kandui, Kecamatan Gunung Timang.

Pihaknya telah melakukan pertemuan bersama Camat Gunung Timang Syahmiludin A Surapati dan warga Desa Pandran serta pihak rekanan yang akan memasang tiang dan jaringan PLN pada Senin (28/5) di desa setempat terkait adanya pemasangan jaringan tersebut.

"Kami harapkan dalam pekerjaan pemasangan jaringan itu tidak mengalami kendala sehingga ditargetkan dua bulan sudah terkoneksi jaringan PLTMG tersebut," katanya.

Gunawan menjelaskan saat ini jaringan listrik di wilayah Kecamatan Gunung Timang menggunakan unit listrik desa (ULD) PLN memakai genset atau Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Kandui.

PLTD Kandui ini dengan beban puncak pemakaian listrik 430 kW dan ketersediaan daya PLN 885 kW sehingga masih surplus daya 455 kW.

Pemakaian PLTD ini sudah menyalakan listrik 24 jam ke sejumlah desa di Kecamatan Gunung Timang hingga Kelurahan Montallat, Kecamatan Montallat.

"Kalau jaringan listrik itu selesai dibangun, maka listrik terkoneksi ke sistem PLTMG Bangkanai yang berasal dari sumur gas di Desa Kerendan Kecamatan Lahei. Untuk PLTD Kandui meski sudah tidak dioperasikan lagi, namun tetap kami `stand by` kan di desa setempat," jelas dia.

Dia mengatakan saat ini Pemerintah Kabupaten Barito Utara juga telah mengusulkan sejumlah ULD terkoneksi dengan jaringan PLTMG di Desa Karendan, Kecamatan Lahei.

Usulan untuk terkoneksi dengan PLTMG yakni ULD Kandui Kecamatan Gunung Timang, ULD Kelurahan Montallat dan Kelurahan Tumpung Laung, Kecamatan Montallat, ULD Sabuh Kecamatan Teweh Baru, ULD Benangin Kecamatan Teweh Timur dan ULD Luwe Hulu Kecamatan Lahei Barat.

"Usulan menggunakan jaringan PLTMG sudah disampaikan dari tingkat ranting Kapuas, Kantor Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalteng di Banjarbaru hingga Pusat. Saat ini usulan itu segera dikerjakan di antaranya jaringan Sikui - Kandui," kata dia.

PLTMG Bangkanai di Desa Karendan Kecamatan Lahei saat ini beroperasi dengan daya 155 MW dengan ratusan tower jaringan kabel saluran udara tegangan tinggi (SUTT) dengan daya 150 kV yang dibangun hingga Buntok Kabupaten Barito Selatan dan Tanjung, Kalimantan Selatan hingga sebagian Kalimantan Timur.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar