Harga daging di Sampit berangsur turun

id Harga daging di Sampit berangsur turun,Bulog,Daging beku

Harga daging di Sampit berangsur turun

Bupati Kotim H Supian Hadi memantau harga daging sapi di Pasar Ikan Mentaya Sampit, belum lama ini. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Hrga daging sapi di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berangsur-angsur turun dan kini menjadi Rp130 ribu hingga Rp135 ribu per kilogram.

"Mulai turun meski belum kembali ke harga normal. Mudah-mudahan saja tidak naik lagi," kata Maria, warga Sampit, Minggu.

Harga daging sapi di Pasar Keramat Rp135.000 per kilogram. Harga itu turun dibanding menjelang lebaran lalu yang sempat bertahan di atas Rp150.000 per kilogram.

Saat kondisi normal, harga daging sapi di Pasar Keramat sekitar Rp130.000 per kilogram. Warga berharap harga daging sapi kembali normal.

Jika ingin mendapatkan harga lebih murah, warga biasanya membeli daging ke Pasar Ikan Mentaya maupun Pasar Mangkikit atau Pasar Subuh.

Di pasar tersebut, daging sapi biasanya dijual antara Rp110.000 sampai Rp120.000 per kilogram karena pedagang yang berjualan di dua pasar itu umumnya merupakan pedagang besar atau agen sehingga bisa menjual daging sapi dengan harga lebih murah.

"Harga daging sangat tergantung kondisi pasokan dan harga di daerah pemasok. Kalau tidak ada kenaikan atau kendala, harga di sini juga tidak naik," kata Mia, seorang pedagang.

Pemenuhan kebutuhan daging sapi di Sampit dipasok peternakan lokal dan luar daerah. Tingginya permintaan membuat sebagian pedagang masih mendatangkan sapi dari luar daerah seperti dari Kalimantan Selatan dan Pulau Jawa.

Sementara itu, Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Sampit juga tetap menjual daging beku kerbau. Saat ini masih menunggu kiriman daging beku dari kantor Bulog pusat.

"Permintaan daging beku terus meningkat karena masyarakat sudah banyak yang merasakan bahwa rasanya hampir sama dengan daging sapi. Harganya murah hanya Rp80.000 per kilogram," kata Kepala Seksi Harga Pasar, Pengadaan dan Pelayanan Publik Bulog Sub Divre Sampit, Wanto.

Sudah lebih dari satu tahun Bulog Subdivre Sampit menjual daging beku. Langkah tersebut dilakukan untuk menjaga kestabilan harga daging di pasaran.