Tips simpan minyak goreng agar tak bau tengik

id minyak goreng,bau tengik,simpang,oil

Tips simpan minyak goreng agar tak bau tengik

Ilustrasi Minyak Goreng (Shutterstock)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pada dasarnya, hampir semua jenis minyak goreng dapat bertahan hingga dua tahun jika disimpan dengan benar. Supaya minyak goreng Anda lebih awet dan tahan lama, ikuti tips-tipsnya berikut ini.

1. Simpan dalam botol kaca

Kebanyakan ibu rumah tangga lebih sering menyimpan minyak goreng dalam botol plastik daripada botol kaca. Selain karena lebih praktis, minyak yang dikemas dalam botol plastik juga lebih mudah ditemukan di pasaran. Apakah Anda salah satunya?

Jika iya, sebaiknya segera pindahkan minyak goreng Anda ke dalam botol kaca. Pasalnya, kualitas minyak goreng yang disimpan dalam kemasan plastik akan lebih cepat menurun, dibandingkan minyak yang disimpan dalam botol kaca.

Bahan plastik lebih cepat memuai dan larut ke dalam minyak. Terlebih lagi, jumlah peroksida (patokan nilai kerusakan pada minyak) akan cepat naik. Semakin tinggi bilangan peroksidanya, maka semakin cepat pula timbul bau tengik pada minyak.

Jika Anda membeli minyak goreng dalam kemasan yang besar, tuangkan ke dalam botol-botol kaca yang lebih kecil supaya lebih praktis. Selain memperpanjang daya simpan minyak secara keseluruhan, cara ini juga mencegah masuknya mikroba atau oksigen ke dalam minyak akibat keseringan buka-tutup botol.

2. Jangan taruh di dekat kompor

Sebagian besar ibu rumah tangga terbiasa menyimpan minyak di dekat kompor supaya lebih mudah saat ingin menuangkannya ke dalam wajan. Jika kebiasaan ini juga Anda lakukan, sebaiknya ubah dari sekarang.

Minyak goreng yang diletakkan di dekat kompor akan lebih mudah terkena suhu panas dari kompor. Hal ini akan membuat minyak jadi lebih mudah menguap dan menurunkan kualitas minyak goreng.

Sebagai solusinya, simpan minyak goreng Anda di rak atau lemari dapur yang tertutup. Pastikan suhu ruangan tetap stabil supaya kualitas minyak goreng tetap terjaga dengan baik.

3. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Minyak goreng tidak boleh disimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Ini karena suhu panas dapat meluruhkan kandungan antioksidan minyak dan mempercepat pembusukan.

Kondisi ini bisa diperparah jika Anda menggunakan kemasan plastik saat menyimpan minyak. Semakin cepat minyak goreng memuai, maka semakin cepat kandungannya rusak dan berbau tengik.


sumber:hellosehat.com