Makanan ini mampu cegah kanker usus

id Oat,oatmeal,sereal,pengganti nasi,Kanker usus

Makanan ini mampu cegah kanker usus

Ilustrasi Oat (pixabay.com)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Ingin mencoba menu sarapan selain nasi? Coba nikmati oat, serealia sumber karbohidrat yang punya kandungan serat, protein, vitamin dan mineral yang lebih tinggi ketimbang beras.



Salah satu keunggulan oat adalah bisa disiapkan secara praktis pada pagi hari, apalagi bila Anda terburu-buru harus berangkat ke sekolah atau kantor sebelum terjebak macet.



Spesialis konsultasi gizi Fiastuti Witjaksono menjelaskan kandungan oat yang bermanfaat untuk mebentuk energi pada pagi hari.



"Protein oat lebih tinggi dari nasi," kata Fiastuti di Jakarta, Rabu.



Oat mengandung karbohidrat kompleks, protein, tinggi serat, vitamin dan mineral. Oat juga mengandung antioksidan dan bisa membantu menurunkan kolesterol darah serta glukosa tubuh.



Selain itu, oat bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga tidak kalap saat makan siang, otomatis mengurangi resiko kegemukan.



"Oat juga mengandung serat beta glukan dan meningkatkan bakteri baik di saluran cerna serta mencegah kanker usus," ujar dia.



Dalam sehari, tubuh butuh serat sebanyak 25 gram. Kandungan serat dalam satu porsi oat setara dengan kandungan serat pada 2,5 mangkuk pepaya.


Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar