Muhammadiyah Kalteng salurkan bantuan korban bencana Sulteng

id Muhammadiyah Kalteng,bantuan bencana Sulteng,Muhammadiyah Kalteng salurkan bantuan korban bencana Sulteng,Ketua PWM Kalteng, M Yamin Mukhtar

Muhammadiyah Kalteng salurkan bantuan korban bencana Sulteng

Muhammadiyah Kalteng melalui Lazismu Kalteng menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, Sabtu (20/10/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika).

Palangka Raya (Antara) - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengirimkan bantuan sembako dan pakaian layak pakai bagi para korban bencana gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Hari ini kita kirimkan satu truk melalui jasa kargo kantor Pos bantuan berupa sembako dan pakaian layak pakai untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya," kata Ketua PWM Kalteng, M Yamin Mukhtar di Palangka Raya, Sabtu.

Bantuan tersebut berhasil dihimpun oleh Lazismu Kalteng beserta jajaran serta organisasi otonom Muhammadiyah di seluruh wilayah Kalteng.

Direksur Lazismu Kalteng, Priyono menambahkan selain sembako dan pakaian layak pakai Lazismu Kalteng pada tahap pertama juga berhasil mengumpulkan dinasi uang sebanyak Rp123 juta.

Priyono menerangkan, penyaluran donasi uang untuk korban bencana gempa dan tsunami telah dikirim ke rekening Lazismu pusat sehingga proses distribusinya satu pintu.

"Untuk donasi uang, selain yang telah kita transfer ke rekening Lazismu pusat, kami juga kembali menghimpun bantuan uang senilai Rp50-an juta yang rencananya akan kami salurkan pada tahap kedua nanti," jelasnya.

Sementara untuk bantuan barang yang dikirim melalui jasa kargo di kirim ke posko Lazismu di Balik Papan Provinsi Kalimantan Timur.

"Ini kami lakukan untuk mempermudah koordinasi serta pemerataan pendistribusian bantuan. Untuk pengiriman kargo ada tua orang dari Lazismu Kalteng yang turut mengantarkan bantuan sampai ke posko di Balik Papan," terang Priyono.

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kalteng, Daryana menambahkan selain bantuan yang telah didistribusikan pihaknya juga masih melakukan penggalangan bantuan bagi korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya.

Menurutnya pihaknya pun siap memfasilitasi bantuan masyarakat untuk korban bencana alam di Sulteng.

"Bagi masyarakat atau kelompok masyarakat yang kesulitan menyalurkan bantuan silakan hubungi kami di Kantor Lazismu Kalteng agar nanti bersama-sama bisa kita distribusikan bantuan tersebut," kata Daryana.