Cara atasi wasir tanpa operasi potong benjolan

id Wasir,ambeien,operasi,obat,benjolan

Cara atasi wasir tanpa operasi potong benjolan

Ilustrasi - Wasir (pixabay.com)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Selain tindakan operasi berupa pemotongan benjolan di daerah anus, penanganan wasir yang sudah parah juga bisa menggunakan laser diode.

"Prinsipnya adalah mengurangi jaringan hemoroid--wasir," ungkap spesialis bedah dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), dr. Franky Mainza Zulkarnain, Sp.B di Jakarta, Kamis.  

Dia menjelaskan, dalam prosedur ini laser fiber akan dimasukan ke dalam hemoroid, kemudian hemoroid akan dikempiskan menggunakan energi laser.

"Tidak memotong. Dibandingkan dipotong lebih tidak menyakitkan. Range nyerinya 2-3 dari 10. Nyeri hanya saat BAB saja," kata dia.

Setelah hemoroid mengecil 40-60 persen, maka tindakan laser selesai dilakukan. Pengecilan sempurna akan terjadi secara spontan dalam waktu 4-8 minggu.

Franky mengungkapkan, usai prosedur, terkadang feces pasien berdarah namun terkadang hanya muncul bercak. Hal ini karena sifat laser yang panas sehingga membuat otot cedera.

"Kalau yang besar (benjolan) biasanya akan menyisakan kulit berlebih. Lihat enam bulan kemudian, ada kasus enam bulan hilang total," kata Franky.

Dia mengatakan, sebelum dan sesudah tindakan laser dilakukan biasanya pasien diberi obat pencahar terlebih dahulu agar fecesnya tidak keras.

"Tiga kali BAB dalam satu hari (maksimal). Kalau lebih setop. Di atas 5 kali anus perih, karena lecet. Obat pencahar hanya sampai BAB tidak sakit. Bisa seminggu, tergantung ambang nyeri pasien," kata dia.