Pemkab Lamandau uji coba program plasma sapi

id sapi, brahman,lamandau,bupati,hendra lesmana,swasembada,produksi

Pemkab Lamandau uji coba program plasma sapi

Kelompok Peternak Brahman Jaya, yang diwakili oleh ketuanya Suharto, menerima bantuan sapi sebanyak 20 ekor dari pihak perusahaan besar swasta, melalui program plasma sapi, Senin (11/2//19). (Antaranews Kalteng / Koko Sulistyo)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah, sedang melakukan uji coba program plasma sapi dari perusahaan besar swasta yang beroperasi di wilayahnya.

"Program ini masih dalam tahap uji coba, namun peternak penerima bantuan dipilih secara ketat," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Senin.

Untuk menerima bantuan ini, peternak tidak hanya bermodalkan lahan dan semangat saja, faktor keseriusan untuk menjiwai, memelihara dan mengembangkan sapi menjadi syarat mutlak untuk menjadi penerima bantuan.

Saat ini bantuan dari program tersebut sudah mulai disalurkan, diantaranya sebanyak 20 ekor sapi jenis Brahman yang diterima kelompok peternak Brahman Jaya di Desa Bukit Jaya Kecamatan Bulik Timur.

Program ini bertujuan untuk mendorong pengembangan dunia usaha di sektor peternakan serta peningkatan ekonomi. Bantuan tersebut diharapkan mampu mendorong masyarakat agar lebih terpacu dan semangat untuk berwirausaha.

" Jumat lalu, sapi tersebut sudah diserahkan pihak perusahaan kepada kelompok ternak penerima. Melalui instansi terkait kami akan evaluasi sejauh mana perkembangan dan manfaat dari program tersebut," ujarnya.

Hendra menjelaskan, program ini nantinya dapat dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal sehingga mampu mendukung suksesnya program swasembada daging sapi bagi Kalteng.

Ketua kelompok ternak Brahman Jaya, Suharto menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada perusahaan yang telah memilih kelompoknya sebagai penerima pertama bantuan plasma sapi.

Pihaknya mengharapkan, agar Lamandau mampu berperan secara optimal untuk menjadikan Kalteng sebagai sentra produksi daging sapi kedepannya.

" Berkat dukungan serius Bupati Lamandau, program plasma sapi ini dapat terwujud. Kami pun akan menjawab amanah ini dengan mengembangkan usaha ternak kami, melalui pemanfaatan sapi-sapi yang kami terima secara optimal," demikian Suharto.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar