Microsoft umumkan kode sumber aplikasi kalkulator Windows

id Microsoft umumkan kode sumber aplikasi kalkulator Windows

Microsoft umumkan kode sumber aplikasi kalkulator Windows

Ilustrasi (Microsoft)

Jakarta (ANTARA) - Raksasa perangkat lunak Microsoft telah merelakan kode sumber (source-code) aplikasi Kalkulator Windows (Windows Calculator) menjadi sumber terbuka (open source), yang artinya semua pengembang bisa bebas mengembangkan aplikasi ini.

“Hari ini, kami senang mengumumkan bahwa kami membuka sumber Calculator Windows di (komunitas pengembang) GitHub di bawah licensi MIT,” kata Microsoft dalam pernyataan di blog resminya, dikutip Sabtu.

Microsoft membuka source Kalkulator Windows, termasuk kode sumber, sistem pengembangan, tes unit, dan peta jalan produk. Tujuan langkah ini, disebut Microsoft untuk membangun pengalaman pengguna yang lebih baik dalam kemitraan dengan komunitas.

“Kami mendorong perspektif baru Anda dan peningkatan partisipasi untuk membantu menentukan masa depan Calculator,” jelasnya.

Dengan menjadi open source, pengembang bisa mengintegrasikan logika Kalkulator atau antarmuka pengguna (UI) ke dalam aplikasi mereka sendiri, atau berkontribusi langsung untuk Windows.

Selain menggunakan kembali dan mengadaptasi kode di aplikasi pengembang sendiri, siapa pun bisa berpartisipasi dalam pengembangan Kalkulator Windows, kata Microsoft menambahkan.