Ini yang sebabkan busa sampo sedikit saat keramas

id keramas,busa sampo,Ini yang sebabkan busa sampo sedikit saat keramas

Ini yang sebabkan busa sampo sedikit saat keramas

Ilustrasi (hellosehat)

Jakarta (ANTARA) - Sebagian dari kita mungkin pernah merasa busa sampo saat keramas terlalu sedikit, padahal kita telah mengaplikasikan sampo dalam jumlah relatif banyak ke rambut Anda.

"Kalau kita keramas tetapi busanya sedikit sekali, itu berarti rambut sudah terlalu kotor. Ulangi keramas sekali lagi," ujar Research and Development Unilever Indonesia, Tbk, Vivi Tri Andari, di Jakarta, Selasa.

Vivi mengatakan, jenis aktivitas misalnya sering beraktivitas di luar ruang ditambah keringat bisa menjadi penyebab rambut kotor. Menurut dia, saat keramas sebaiknya tak perlu menggosok-gosok rambut terlalu kuat, tetapi cukup dipijat dengan lembut.

Baca juga: Berapa durasi ideal keramas agar kepala tidak gatal

Menggosok rambut terlalu kuat hanya akan menyebabkan kerusakan pada bagian kutikula rambut. Akibatnya, lanjut dia, rambut bisa menjadi kasar.

"Gerakan mekanik membantu membersihkan kotoran di rambut, terutama kulit kepala. Yakinkan bahwa cara menyampo kita rata ke seluruh rambut. Tak perlu terlalu lama," kata dia.

"Saat keramas kita biasanya menggosok-gosok rambut kuat-kuat, itu bisa merusak kutikula. Lalu saat mengeringkan terlalu sering menggunakan hair dryer. Itu bisa menyerap kelembaban alami rambut sehingga merusak rambut," pungkas Vivi.