Ini fakta dari Ratu Elizabeth II pada ultah ke-93

id Ratu elizabeth ii,fakta ratu elizabeth,ratu elizabeth ulang tahun

Ratu Inggris Elizabeth II (REUTERS/Osservatore Romano )

Jakarta (ANTARA) - Ratu Elizabeth II dari kerajaan Inggris merayakan ulang tahun ke-93 pada 21 April 2019. Berikut lima fakta dari ratu tertua asal Inggris itu seperti dilansir dari New Straits Times.

Pertama, sekitar 80 persen warga Inggris belum pernah merasakan hidup di bawah penguasa lain kerajaan sebab mereka belum lahir ketika Ratu Elizabethh II naik tahta pada 6 Februari 1952, demikian data Badan Statistik Nasional Inggris.

Kedua, nenek Pangeran William dan Pangeran Harry itu telah berkuasa selama pemerintahan 14 perdana menteri, naik tahta saat masa pemerintahan Perdana Menteri Winston Churchill.

Dia juga telah menjumpai 11 dari 12 presiden AS dan menandatangani lebih dari 3.500 RUU yang akan disahkan.

Tepat pada hari ulang tahun ke-93 itu, Ratu Elizabeth II berusia 11 tahun dan empat bulan lebih tua dari anggota lain kerajaan Inggris sepanjang sejarah. Periode kekuasaannya selama 67 tahun 74 hari menempatkannya sebagai penguasa terlama Kerajaan Inggris, lebih lama tiga tahun dan 224 hari dari catatan penguasan terlama Inggris

Ratu Elizabeth lahir pada 21 April 1926 di Bruton Street 17, London, yang kini menjadi restoran China dengan menu andalan "Roasted silver cod with Champagne".

Ketiga, selain 21 April, Kerajaan Inggris punya tradisi untuk merayakan kedua kali ulang tahun Ratu pada Sabtu pekan kedua Juni. Perayaan kedua itu dilakukan secara terbuka bersama masyarakat.

Baca juga: Ratu Elizabeth rayakan 92 tahun dengan konser para bintang

Tradisi dua ulang tahun itu dimulai Raja George II pada 1748 yang ingin merayakan ulang tahunnya pada musim panas.

Keempat, Ratu Elizabeth adalah pencinta binatang, terutama kuda dan anjing.

Dia sudah memelihara lebih dari 30 anjing corgi, jenis anjing kesayangannya, dan bahkan membiakkan keturunan baru, dorgi (corgi dan dachshund).

Dia mewarisi beberapa kuda balap setelah ayahnya, Raja George VI, meninggal pada 1952. Kuda sang ratu sudah memenangi lebih dari 1.600 balapan.

Ratu juga punya seekor gajah, jaguar hitam dan seekor buaya, semuanya dirawat di kebun binatang. Berdasarkan hukum lama di Inggris, Ratu masih memiliki semua angsa putih yang tidak ditandai dan "ikan kerajaan" di Inggris, meliputi lumba-lumba dan ikan sturgeon.

Kelima, Elizabeth secara sukarela membayar pajak penghasilan atas pendapatan pribadi mulai 1992 di tengah keributan publik mengenai biaya merestorasi kastil Windsor yang rusak akibat kebakaran. Secara hukum, Ratu Inggris tidak diwajibkan membayar pajak penghasilan atas pendapatan pribadi.

Di luar keluarga yang penuh tradisi, Ratu tidak sulit mengikuti perkembangan teknologi sejak menjadi mekanik truk pada Perang Dunia II.

Dia pertama kali mengirim surel pada 1976, mengirim pesan yang dibawa ke bulan oleh astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin pada 1969, mencuit di Twitter pada 2014 dan mengunggah konten di Instagram pada Maret 2019.

Penobatannya pada 1953 adalah penobatan pertama yang ditayangkan di televisi. Pada 2012, pidato Natal tahunan Ratu akhirnya tersedia dalam bentuk podcast.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar