Sepeda listrik Arc's mirip motor dengan harga Rp1,4 miliar

id Sepeda listrik Arc's mirip motor dengan harga Rp1,4 miliar,Arc's ev bike

Sepeda listrik Arc's mirip motor dengan harga Rp1,4 miliar

Arc's ev bike (Antara News/Ho)

Jakarta (ANTARA) - Sepeda listrik Arc's Vector EV dijadwalkan akan memasuki tahapan produksi di fasilitas baru yang ada di South Wales, Inggris pada 2020 dan sudah dapat dipesan dengan harga 90.000 euro (Rp1.4 miliar).

Kendaraan itu diproduksi dengan jumlah terbatas hanya 399 unit yang akan dirakit sesuai pesanan dalam 18 bulan pertama.

Keterbatasan unit Arc's Vector itu bertujuan agar calon pembeli semakin semangat untuk membeli kendaraan yang diklaim sebagai "sepeda motor listrik paling canggih di dunia."

Sepeda listrik itu memiliki teknologi human interface, karbon monocoque, kemudi hub-center steering, roda yang terinspirasi oleh ras, dan banyak lagi.

Arc sebagai pembuat kendaraan itu bertujuan membangun sepeda yang gesit dan memiliki banyak tenaga, tapi tetap ramah pengguna dan menyenangkan untuk dikendarai baik di kota maupun di jalan terbuka.

“Sistem yang kami kembangkan memberikan kontrol kecepatan rendah pada sepeda. Ada beberapa produsen yang telah menerapkan kemudi hub-center di masa lalu. Tapi, mereka melakukannya dengan sistem pengereman anti-menukik," kata pendiri dan CEO Arc, Mark Truman yang dikutip dari CarsCoops, Kamis.

Truman mengatakan setiap pengendara ingin sepeda menukik saat pengereman, itulah yang biasa mereka lakukan sebelumnya. "Untuk Vector, kami telah menciptakan sistem yang memiliki semua manfaat HCS tetapi terasa seperti serangkaian garpu. Keuntungannya adalah kekakuan yang memungkinkan untuk sudut yang curam dan sasis yang memungkinkan perubahan arah yang cepat dengan stabilitas pada kecepatan tinggi."

"Apa yang kami rancang adalah yang terbaik dari kedua dunia dengan tidak ada yang negatif," ujarnya.

Arc's Vector EV punya motor berdaya listrik 399 volt dan menghasilkan tenaga 133 HP dan torsi 148 Nm. Bobot 220 kilogram menjadikan sepeda listrik itu lebih berat dibandingkan sepeda listrik konvensional.

Sepeda itu mampu menembus kecepatan hingga 60 mph atau 96 km/jam dalam tiga detik dan kecepatan maksimal hingga 125 mph (201 km/jam).

Di kawasan perkotaan, sepeda listrik Arc's Vector punya jangkauan hingga 387 mil (623 km), sedangkan di jalan raya ia dapat menempuh jarak hingga 230 mil (370 km).