Husein Alatas bagikan tips jaga performa suara

id Husein alatas,jaga performa suara,tips jaga suara

Husein Alatas bagikan tips jaga performa suara

Husein Alatas (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly)

Jakarta (ANTARA) - Rocker Husein Atalas, yang terkenal memiliki jangkauan vokal yang tinggi ini, membagikan beberapa tips untuk menjaga performa suara bagi mereka yang memiliki hobi menyanyi, maupun penyanyi-penyanyi yang baru merintis karir mereka di dunia tarik suara.

Ditemui usai manggung di perayaan HUT DKI Jakarta di kawasan Thamrin Jakarta Pusat pada Sabtu, Husein mengatakan tips pertama menjaga performa suara adalah dengan memberanikan diri mengasah kemampuan bernyanyi di atas panggung.

Menurut dia, dengan semakin sering berlatih dan menjejali diri dengan berbagai pengalaman, akan berpengaruh pada kualitas vokal dari penyanyi.

"Itu mempengaruhi kualitas vokal kita dan membuat kita menjadi terbiasa buat nyanyi," terang Husein.

Selain itu, demi menjaga performa suara agar tetap terjaga dengan baik Husein mengatakan harus rajin berolahraga.

Olahraga bagi penyanyi memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menjaga pernafasan. Dengan nafas yang kuat tentu saja akan menunjang penampilan ketika menghibur penonton di atas panggung.

Selain itu, ia menambahkan, penyanyi harus memiliki fisik yang kuat dan fit.

Terakhir, Husein mengatakan hal yang tak kalah penting adalah bersenang-senang ketika tampil.

Menurut Husein, pikiran juga mempengaruhi kualitas vokal dari seorang penyanyi dan keadaan psikologis penyanyi juga harus diperhatikan.

"Kalau kita stress, 70 persen dari latihan atau apa yang kita pelajari bisa hilang begitu aja. Tapi kalau kita enjoy, kita ngga merasa tertekan dengan atmosfer di atas panggung dan ditonton orang banyak," terang Husein.

Husein Atalas tampil membawakan tujuh buah lagu pada perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta, di antaranya "Kangen" milik Dewa 19, "Rumah Kita" dari God Bless, hingga "Terlalu Manis" milik SLANK.

Malam Puncak HUT DKI Jakarta bertajuk "Wajah Baru Jakarta", di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat ini turut dimeriahkan oleh penampilan artis-artis Ibu Kota, seperti Pasha, Kotak, Siti Badriah dan Wali.