GP Prancis berhasil dijuarai Hamilton

id Hamilton, gp prancis, juara gp prancis

Lewis Hamilton (REUTERS/JEAN-PAUL PELISSIER)

Jakarta (ANTARA) - Mercedes kembali finis 1-2 ketika Lewis Hamilton menyentuh garis finis pertama GP Prancis di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Prancis pada Minggu, diikuti oleh rekan satu tim, Valtteri Bottas di tempat kedua.

Hamilton, yang start dari pole position, memenangi balapan seri kedelapan musim ini dengan jarak cukup jauh di depan, 18,056 detik dari pesaing terdekatnya, demikian laman resmi Formula 1.

Pebalap Ferrari Charles Leclerc melengkapi podium GP Prancis dengan finis ketiga, sementara rekan satu timnya, Sebastian Vettel harus puas finis kelima dengan jarak 62 detik di belakang sang juara namun mendapat tambahan satu poin karena mencetak waktu putaran tercepat di lomba.

Dengan hasil tersebut, Hamilton yang memimpin sepanjang lomba memperlebar jarak perolehan poin dari Bottas menjadi 36 poin dengan kemenangan ke-79 sepanjang karirnya itu.

Hamilton bisa menyamai rekor Michael Schumacher (91 kemenangan) dengan 13 balapan tersisa musim ini.

Kemenangan itu juga merupakan kali ke-10 secara beruntun bagi Mercedes. Delapan kemenangan diraih di awal musim ini, sementara dua kemenangan lainnya di dua seri balapan musim lalu.

Ini juga merupakan rekor finis 1-2 untuk ke-50 kalinya bagi tim berjuluk Silver Arrow itu.

Max Verstappen kembali mengamankan poin penting bagi Red Bull dengan finis keempat, sedangkan Pierre Gasly gagal menambah pundi-pundi poin dengan finis P11.

Sementara itu, McLaren mengemas poin dari kedua pebalapnya di Prancis.

Carlos Sainz tampil impresif untuk McLaren dan finis P6 di depan pebalap Renault Daniel Ricciardo. Sementara Lando Norris mengamnakan poin terakhir yang tersedia bagi McLaren di finis P10.

Kimi Raikkonen finis P8 untuk Alfa Romeo, diikuti oleh Nico Hulkenberg di P9 untuk Renault.

Pebalap Racing Point Sergio Perez dan Lance Stroll finis P12 dan P13 di depan duo pebalap Toro Rosso Daniil Kvyat dan Alexander Albon.

Haas kembali mendapati hari yang berat ketika Kevin Magnussen hanya mampu finis P16 sementara rekan satu timnya, Romain Grosjean gagal menyelesaikan balapan.

Sementara itu Antonio Giovinazzi, yang start dari peringkat 10 besar, melorot ke P17 dengan dua strategi pitstop yang diterapkan Alfa Romeo.

Williams masih terpuruk di peringkat buncit walaupun Robert Kubica untuk kali pertamanya finis di depan rekan satu tim, George Russell, yang berada di P19.

 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar