DPRD Gumas dorong pemuda gemar membaca

id dprd gunung mas,Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas,DPRD Gumas dorong pemuda gemar membaca,perpustakaan

DPRD Gumas dorong pemuda gemar membaca

Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas Gumer. (Foto Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Gumer mengimbau para pelajar untuk mengisi masa libur sekolah dengan mengunjungi perpustakaan, membaca berbagai koleksi buku untuk menambah ilmu pengetahuan.

“Isilah masa libur sekolah dengan melakukan kegiatan positif, salah satunya mengunjungi perpustakaan dan membaca berbagai koleksi buku yang ada untuk menambah ilmu pengetahuan,” ucap Gumer saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini mengatakan, buku merupakan sumber ilmu pengetahuan. Dengan membaca buku, maka para pelajar akan mendapat ilmu pengetahuan yang akan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas diri.

Baca juga: Ini pesan Legislator Gumas kepada masyarakat tentang donor darah

Apalagi, lanjut dia, Kabupaten Gumas merupakan salah satu calon kuat ibu kota negara yang baru. Artinya, generasi muda harus benar-benar mempersiapkan diri agar nantinya dapat turut menjadi pelaku pembangunan.

“Generasi muda harus meningkatkan kualitas agar tidak hanya menjadi penonton nantinya,” kata legislator yang berasal dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa dan Damang Batu ini.

Diapun berpesan kepada generasi muda di kabupaten berjuluk Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau untuk tidak melakukan hal-hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri serta orang lain, seperti balapan liar, penyalahgunaan narkoba, dan lainnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pelayanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gumas Susiana Nyai menyebut ada berbagai koleksi buku yang tersedia di perpustakaan umum daerah, yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Baca juga: Legislator Gumas dukung Polres tertibkan balapan liar

“Selain itu, saat ini puluhan pemerintah desa/kelurahan yang tersebar di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Gumas juga telah memiliki perpustakaan yang dapat dikunjungi masyarakat setempat,” bebernya.

Setidaknya, sambung dia, ada 47 pemerintah desa/kelurahan di wilayah Kabupaten Gunung Mas yang telah memiliki perpustakaan. Untuk koleksi buku yang ada di perpustakaan desa/kelurahan juga beragam.

“Untuk meningkatkan minat dan melayani masyarakat dalam membaca, kami juga rutin melakukan pelayanan mobil perpustakaan keliling. Hanya saja perpustakaan keliling ini baru bisa melayani ke daerah yang mudah dijangkau,” demikian Susiana.

Baca juga: Ketua DPRD Gunung Mas ingatkan BPD harus pahami tugas dan fungsi
Baca juga: Prabowo-Sandi diminta tunjukkan sikap negerawan pasca keputusan MK