Ini pesan Legislator Gumas kepada masyarakat tentang donor darah

id dprd gumas,dprd gunung mas,kuala kurun,donor darah,pmi,palang merah indonesia,organisasi kemanusiaan

Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Rayaniatie Djangkan. (Foto Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Rayaniatie Djangkan mengajak seluruh lapisan masyarakat di wilayah setempat agar jangan takut melakukan donor darah.

“Masyarakat jangan takut untuk mendonorkan darahnya, sebab pada dasarnya donor darah bertujuan untuk membantu mereka yang membutuhkan,” katanya saat dibincangi di Kuala Kurun, Rabu.

Dia berharap kedepan kesadaran masyarakat di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau semakin baik untuk melakukan donor darah, mengingat dari tahun ke tahun kebutuhan terhadap darah semakin meningkat.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya dan Kurun ini menyebut, selain membantu mereka yang membutuhkan, donor darah juga bermanfaat bagi si pendonor.

Manfaat yang didapat bagi pendonor, diantaranya adalah menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis serta mendeteksi penyakit serius.

“Bagi masyarakat yang telah memenuhi berbagai persyaratan dan ketentuan, saya mengajak mereka untuk mendonorkan darahnya secara rutin,” tutur Rayaniatie yang juga merupakan Anggota Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia (PMI) Gumas.

Persyaratan yang dimaksud, diantaranya dalam keadaan sehat, berat badan minimal 45 kg, tidak menderita penyakit menular dan jumlah transfusi per tahun maksimal lima kali dengan jarak transfusi minimal tiga bulan.

Politisi Partai Amanat Nasional ini juga meminta kepada Pemkab Gumas agar memberi perhatian lebih kepada PMI setempat, dengan cara memenuhi berbagai sarana dan prasarana yang diperlukan, termasuk dalam hal anggaran.

“Pemkab Gumas harus memberi perhatian lebih kepada PMI, karena ini terkait dengan kemanusiaan sehingga tidak boleh dipandang sebelah mata,” ucapnya.

Dia menyampaikan harapannya kepada Pengurus PMI Gumas masa bakti 2019-2024, agar bisa membawa organisasi menjadi lebih maju dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan donor darah.

“Meningkatkan kesadaran masyarakat agar mau melakukan donor darah secara rutin, merupakan tugas kita semua. Semoga kedepan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya donor darah semakin membaik,” demikian Rayaniatie.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar