Legislator Barito Timur minta PD Janang disiapkan kelola jalan Pertamina

id Legislator Barito Timur minta PD Janangdisiapkan kelola jalan Pertamina,Perusahaan daerah,DPRD Bartim,Barito Timur

Legislator Barito Timur minta PD Janang disiapkan kelola jalan Pertamina

Legislator Barito Timur dari Partai Amanan Nasional Gomelson Lazarus Bayan. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Legislator Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah Gomelson Lazarus Bayan meminta pemerintah kabupaten setempat segera mempersiapkan Perusahaan Daerah (PD) Janang terkait wacana pengelolaan ruas jalan Pertamina.

"Persiapan ini sangat penting mengingat ada wacana melibatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PD Janang dalam pengelolaan dan pemeliharaan jalan Pertamina yang saat ini menjadi akses hauling batubara di Kabupaten Barito Timur," kata Gomelson Lazarus Bayan di Tamiang Layang, Selasa.

Menurut politisi Partai Amanat Nasional itu, kesiapan bisa diambil pemerintah daerah dimulai dari rekrutmen komposisi jajaran direksi hingga manajer PD Janang.

Komposisi pejabat perusahaan daerah tersebut diharapkan diisi oleh orang-orang profesional yang memang memiliki dedikasi, kapabilitas dan kualitas di bidang korporasi sehingga mampu memajukan PD Janang. Untuk itu perekrutan harus dilakukan secara profesional oleh tim yang profesional pula.

Selain itu, perlu adanya penyertaan modal serta regulasi dan persiapan yang sangat penting lainnya agar PD Janang semakin kuat dan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Tujuannya agar perusahaan daerah bisa dan mampu menjadi perusahaan yang bisa besar dan mampu memberikan kontribusi untuk daerah.

Jika ini bisa terwujud, diyakini akan berkontribusi signifikan terhadap peningkatan pendapatan asli daerah. Untuk itu masalah ini perlu menjadi perhatian serius bersama.

"Yang terpenting adalah bagaimana menjadikan perusahaan daerah sebagai perusahaan yang bisa menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah," kata Gomelson.

Pendapatan asli daerah sangat penting karena sebagai salah satu sumber pendanaan yang dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk pembangunan daerah. Pembangunan daerah bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Besar kecilnya pendapatan daerah akan memberikan pengaruh pada sedikit atau banyaknya pembangunan di Kabupaten Barito Timur.

"Sangat diharapkan adanya keseriusan pemerintah daerah dalam menyiapkan PD Janang. Lebih cepat tentu lebih baik dengan melihat prospek yang jelas," kata mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur itu.