Dinas Kesehatan Sukamara siapkan 15.000 masker cegah peningkatan ISPA

id Dinas Kesehatan Sukamara siapkan 15.000 masker cegah peningkatan ISPA,Karhutla,Kebakaran hutan dan lahan,Sukamara

Dinas Kesehatan Sukamara siapkan 15.000 masker cegah peningkatan ISPA

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sukamara Amir Sapiyudin. (Foto Antata Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah mengantisipasi dampak buruk asap kebakaran lahan terhadap masyarakat dengan menyiapkan sebanyak 15.000 masker masyarakat terhindar dari penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA.

"Untuk mengantisipasi lonjakan ISPA, kami di Dinas Kesehatan telah menyiapkan 15.000 masker untuk dibagikan kepada masyarakat. Bagi sekolah atau instansi maupun masyarakat yang membutuhkan, silakan hubungi pusat pelayanan kesehatan terdekat,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sukamara Amir Sapiyudin di Sukamara, Senin.

Amir mengatakan, untuk mengantisipasi dampak kebakaran hutan dan lahan maupun debu, penyiapan masker untuk masyarakat difokuskan di tempat-tempat pelayanan kesehatan yang berada di seluruh wilayah Sukamara.

Sebanyak 15.000 masker itu disebar di lima kecamatan. Masker tersebut diharapkan bisa menghindarkan masyarakat dari asap dan debu kebakaran lahan yang sangat rentan memicu ISPA.

Menurut Amir, asap maupun debu yang saat ini melanda sangat berbahaya, khususnya terhadap paru-paru. Masker sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi agar masyarakat tidak diserang penyakit ISPA. 

Dikatakannya, pembagian masker gratis kepada masyarakat untuk melindungi diri dari penyakit ISPA. Selain itu juga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan buruk lainnya yang muncul akibat kebakaran hutan dan lahan juga jalanan yang berdebu, khususnya pada pagi hari.

Amir menambahkan, pembakaran hutan dan lahan saat ini tidak terkendali dan menyebabkan timbulnya kabut asap di wilayah Sukamara, terutama pada pagi hari. Asap tebal akibat kebakaran lahan sangat membahayakan kesehatan masyarakat.

“Selain mempersiapkan masker, Dinas Kesehatan juga sudah sering melakukan penyuluhan yang dilakukan kader Dinas Kesehatan, baik dilakukan di kecamatan maupun di desa-desa,” demikian Amir.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar