Peningkatan SDM harus diimbangi pembangunan sarpras, kata Legislator Bartim

id Dprd bartim, sdm, legislator, legislatif, barito timur, tamiang layang, raran, pendidikan, perguruan tinggi, universitas

Peningkatan SDM harus diimbangi pembangunan sarpras, kata Legislator Bartim

Legislator Kabupaten Barito Timur Raran. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Legislator Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah Raran meminta, peningkatan kualitas sumber daya manusian (SDM) yang dilakukan pemerintah kabupaten, hendaknya diimbangi dengan pembangunan sarana dan prasarana yang memadai.

"Peningkatan SDM akan lebih cepat terlaksana jika didukung sarana dan prasarana yang memadai," kata Raran di Tamiang Layang, Selasa.

Menurut politisi Partai Demokrat itu, pengembangan SDM sangat tepat menjadi skala prioritas saat ini, sebagai upaya menyiapkan sekaligus menghadapi wacana pemindahan ibu kota negara ke Kalteng.

Selain itu, dalam rangka HUT ke-74 kemerdekaan RI dan HUT ke-17 Barito Timur, sangatlah tepat mempersiapkan generasi yang mampu bersaing pada era digital dan industri 4.0 seperti saat ini.

Untuk itu pemerintah kabupaten diharapkan mampu mendorong pendirian atau pembangunan perguruan tinggi atau sejenisnya di Bartim. Guna mendukung, upaya peningkatan SDM agar menjadi unggul kedepannya.

Masyarakat tentu akan lebih memilih, menempuh pendidikan di daerah karena mudah dijangkau dan hemat biaya. Hal ini akan meningkatkan SDM dan bersamaan itu, akan meningkatkan indeks pembangunan manusia.

Menurutnya, peningkatan SDM erat kaitannya dengan sektor pendidikan. Untuk itu, sudah sewajarnya pendidikan menjadi salah satu skala prioritas pembangunan oleh pemerintah kabupaten.

"Jika SDM nya unggul, maka generasi muda akan mampu bersaing dan mudah mendapatkan pekerjaan sesuai bidangnya, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran," jelasnya.

Raran juga mengharapkan semua elemen masyarakat mendukung peningkatan SDM, dengan mengutamakan pendidikan sesuai wilayah dan profesi masing-masing.

Memberikan pendidikan pada generasi muda tidak harus secara formal, bisa dengan sosialisasi maupun seminar dan pelatihan-pelatihan. Jadi hal tersebut bukan hanya menjadi tugas pemerintah, namun tugas semua pihak.

"Seharusnya perusahaan besar di bidang pertambangan maupun perkebunan, juga ikut mendorong terciptanya peningkatan SDM melalui berbagai program yang mereka siapkan," tegas Raran.