Alue Dohong, putra Dayak asal Kalteng pertama yang duduk di kabinet

id Alue dohong, putra dayak, orang dayak pertama duduk di kabinet

Alue Dohong, putra Dayak asal Kalteng pertama yang duduk di kabinet

Alue Dohong saat tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (25/10/2019). Alue Dohong dipanggil Presiden Joko Widodo sebagai kandidat calon wakil menteri Kabinet Indonesia Maju (ANTARA/Joko Susilo)

Jakarta (ANTARA) - Alue Dohong mengaku bahagia setelah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai wakil menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena merupakan orang Dayak pertama yang duduk di kabinet.

"Dalam sejarah Indonesia merdeka, ini orang dayak pertama di kabinet. Jadi saya yakin kalo takdir jadi wakil menteri, ini jadi kebahagiaan suku Dayak di Kalimantan," kata Alue saat konferensi pers usai dipanggil Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

Dia mengaku bahwa saat dipanggil, Presiden Jokowi mengajak berdiskusi masalah kehutanan dan rehabilitasi lahan.

Baca juga: DPRD bangga perwakilan Dayak dari Kalteng ada di Kabinet Indonesia Maju

"Juga terkait rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur yang berkonsep semakin banyak didiskusikan," katanya.

Alue Dohong merupakan Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut (BRG) yang menjabat sejak 2016.

Ia berdarah Dayak Alue dan mengajar Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup di Universitas Palangkaraya. Sebelum berkiprah di BRG, Alue mendirikan Lembaga Pengkajian, Pendidikan, dan Pelatihan Lingkungan Hidup (LP3LH) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.