Makanan antioksidan yang perlu dikonsumsi

id Antioksidan, makanan antioksidan, camilan sehat

Makanan antioksidan yang perlu dikonsumsi

Ilustrasi cokelat hitam sebagai sumber anti-oksidan. (Foto bernagai sumber/Grafis)

Jakarta (ANTARA) - Antioksidan adalah komponen atau substansi yang mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Radikal bebas yang terakumulasi dalam tubuh dalam meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, serta penyakit kronis lainnya.

Berbagai jenis antioksidan bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah atau sayuran tertentu. Dilansir dari Times of India, berikut adalah enam jenis sayur dan buah yang merupakan sumber antioksidan.

1. Cokelat hitam

Cokelat kerap dianggap tidak memiliki dampak baik untuk kesehatan, Tapi, hal itu tidak berlaku untuk jenis cokelat hitam (dark chocolate). Cokelat hitam banyak mengandung mineral dan antioksidan yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan serta mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Blueberry

Blueberry bukan hanya dikenal sebagai buah yang rendah kalori melainkan juga kaya akan nutrisi dan antioksidan. Suatu penelitian menunjukkan blueberry merupakan buah yang paling banyak mengandung antioksidan dibandingkan buah lainnya. Buah sekecil itu mampu menetralisir radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

3. Stroberi

Buah berwarna merah itu sangat populer tidak hanya karena bentuknya yang menarik, tapi juga karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Stroberi mengandung antioksidan yang disebut anthocyanins, yang menjadikan buah itu berwarna merah. Anthocyanins berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat.

4. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Berbagai macam biji dan kacang seperti biji matahari, kacang merah, kedelai, dan kacang hijau sangat mudah ditemui dan dikenal sebagai makanan kaya serat. Selain mengandung antioksidan, jenis biji-bijian ini dapat membantu menyehatkan usus besar.

5. Buah bit

Buah bit yang berwarna merah itu kaya akan serat, potasium, zat besi, folat, dan tentu saja antioksidan. Bit mengandung antioksidan yang disebut betalains, yang menjadikan warnanya merah tua. Bit memiliki fungsi untuk membantu penyembuhan peradangan dan mengurangi risiko kanker kolon serta pencernaan.

6. Bayam

Sayuran hijau ini banyak mengandung vitamin, antioksidan, namun rendah kalori. Bayam merupakan sumber antioksidan jenis lutein dan zeaxanthin yang mampu melindungi mata dari sinar UV.