Ed Sheeran dinobatkan jadi artis nomor satu di Inggris

id Ed Sheeran,UK's Official Number 1 Artist of the Decade,Ed Sheeran dinobatkan jadi artis nomor satu di Inggris

Ed Sheeran dinobatkan jadi artis nomor satu di Inggris

Ed Sheeran menghadiri malam premier film "Yesterday" di London, Inggris (18/6/2019) (REUTERS/Henry Nicholls)

Jakarta (ANTARA) - Musisi Ed Sheeran dinobatkan jadi “UK’s Official Number 1 Artist of the Decade” setelah lagu-lagunya memecahkan rekor, kata Official Charts Company, Rabu.

Lagu terkenal "Shape of You" yang bertengger 14 pekan di peringkat teratas Inggris pada 2017 dinobatkan jadi lagu paling top dalam 10 tahun terakhir.

Dia juga meraih penghargaan “Official Chart Record Breaker” karena lagu dan albumnya banyak menempati posisi satu pada periode 2010-2019. Jika dihitung total, karya Ed Sheeran menempati posisi puncak selama 79 pekan, kata perusahaan yang mendata tangga lagu mingguan di Inggris.

Penerima penghargaan itu sebelumnya meliputi Paul McCartney dan Justin Bieber.

Baca juga: Ed Sheeran benarkan dirinya sudah menikah

"Pada awal dekade ini, dia hanya dikenal sebagai remaja 18 tahun dari Suffolk, tapi katalog pencapaiannya sejak saat itu betul-betul luar biasa," ujar Martin Talbot, kepala eksekutif Official Charts Company.

Sheeran pertama kali masuk ke tangga lagu Inggris lewat lagu debut "The A Team". Sejak itu sudah ada delapan lagunya jadi single nomor satu di Inggris. Empat albumnya juga menduduki posisi puncak tangga album Inggris.

"Terima kasih semua yang sudah mendukung saya dalam 10 tahun terakhir, terutama penggemar yang luar biasa," kata Ed Sheeran dalam siaran resmi seperti dilansir Reuters.

Baca juga: Makanan Indonesia favorit Ed Sheeran

"Shape of You" menempati posisi puncak daftar 100 lagu terpopuler dekade ini versi Official Charts Company, diikuti oleh “Uptown Funk” dari Mark Ronson featuring Bruno Mars.

Dua lagu Ed Sheeran yang lain, “Thinking Out Loud” dan “Perfect”, juga masuk ke daftar 10 teratas.

Sementara itu, album "21" dan "25" Adele duduk di dua peraingkat atas di daftar 100 album terpopuler dekade ini. Penyanyi Inggris itu membawa pulang enam piala Grammy berkat album "21", dan lima piala Grammy untuk album "25", di mana kedua album itu menempati peringat teratas di tangga album dunia.

Tiga dari empat album Sheeran masuk ke daftar 10 teratas daftar album terpopuler.

Baca juga: Kolaborasi BTS dan Ed Sheeran di album baru

Baca juga: Ed Sheeran bantah menjiplak karya Marvin Gaye 'Let's Get It On'

Baca juga: Hakim tolak permintaan Ed Sheeran

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar