Ini cara upgrade gratis ke Windows 10

id Windows 10,microsoft,windows 7 berakhir,Ini cara upgrade gratis ke Windows 10

Ini cara upgrade gratis ke Windows 10

Ilustrasi: Windows 10 (ANTARA News/Microsoft)

Jakarta (ANTARA) - Microsoft resmi mengakhiri dukungan (support) untuk Windows 7 pada Selasa (14/1). Penawaran upgrade gratis untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 juga telah berakhir beberapa tahun lalu.

Meski Microsoft telah menghapus situs penawaran upgrade, perusahaan tersebut terus mengaktifkan lisensi Windows 10 mereka yang melakukan upgrade dari Windows 7 atau Windows 8.1.

The Verge membagikan cara sederhana untuk meng-upgrade Windows 7 secara gratis, dengan asumsi PC mendukung persyaratan minimum untuk Windows 10.

Baca juga: Microsoft akan hentikan Windows 7 pada 2020

Namun, sebelum melakukan upgrade, perlu diingat bahwa upgrade Windows 7 ke Windows 10 dapat menghapus pengaturan dan aplikasi.

Ada opsi untuk menyimpan file dan data pribadi, namun karena perbedaan antara Windows 10 dan Windows 7, tidak selalu memungkinkan untuk menyimpan semua aplikasi yang ada.

Pastikan Anda telah mencatat aplikasi apa yang sering Anda gunakan sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkannya dengan mengunduh kembali.

Berikut ini cara upgrade dari Windows 7 ke Windows 10.

• Cadangkan semua dokumen, aplikasi, dan data penting Anda

• Buka situs pengunduhan Microsoft Windows 10

• Pada bagian media instalasi Windows 10, pilih "Unduh alat sekarang," dan jalankan aplikasi

• Saat diminta, pilih "Tingkatkan PC ini sekarang."

• Anda kemudian akan ditanya apakah Anda ingin menyimpan file pribadi Anda atau memulai yang baru. Perlu diingat, mulai baru atau tetap menjaga file Anda berarti bahwa semua aplikasi dan pengaturan akan dihapus untuk upgrade Windows 10.

• Setelah upgrade selesai, Anda harus menerima lisensi digital untuk Windows 10, yang dapat ditemukan di Pengaturan> Pembaruan & Keamanan> Aktivasi.

Sebagai informasi, Windows 8.1 juga dapat diupgrade dengan cara yang sama, tetapi tanpa perlu menghapus aplikasi dan pengaturan.

Baca juga: Penyesalan Bill Gate hingga akibatkan Windows Mobile kalah saing dari Android

Baca juga: Microsoft targetkan 1 miliar perangkat Windows 10

Baca juga: Peringatan Microsoft terkait masalah pada pembaruan Windows 10