KPU Barito Utara umumkan penerimaan anggota PPK

id kpu barito utara,seleksi calon anggota ppk,barut,sembilan kecamatan,malik muliawan,pilkada kalteng

KPU Barito Utara  umumkan penerimaan anggota PPK

Ketua KPU Barito Utara Malik Muliawan (pegang mik) melakukan pertemuan lintas sektoral dalam menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Kalteng 2020 di Rumah Pintar Pemilu kantor KPU setempat di Muara Teweh, Rabu (15/1/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara, mulai mengumumkan penerimaan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di sembilan kecamatan untuk menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020.

"Untuk menghadapi pilkada Kalteng yang digelar pada 23 September 2020 mendatang, mulai hari ini sampai 17 Januari kami  mengumumkan seleksi calon anggota PPK," kata Ketua KPU Barito Utara H Malik Muliawan usai melakukan pertemuan lintas sektoral di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia, pendaftaran calon anggota PPK dimulai pada 18 hingga 24 Januari 2020. Jika pendaftar kurang, maka akan ada tahap perpanjangan pendaftaran. Selanjutnya seleksi, mulai dari seleksi administrasi, tertulis, sampai wawancara dilakukan pada 25 Januari -  14 Februari 2020.

Pengumuman calon terpilih dilakukan pada 15 hingga 21 Februari 2020. Penerimaan pengaduan masyarakat, klarifikasi dan penggantian calon terpilih dilakukan 22 sampai 28 Februari 2020, dan penetapan calon terpilih dilakukan pada 29 Februari 2020.

"Calon anggota PPK ini nantinya sebanyak 45 orang yakni setiap kecamatan lima orang anggota warga negara Indonesia, pelamar juga harus berusia minimal 17 tahun," katanya.

Guna persiapan pembentukan PPK ini KPU Barito Utara melakukan pertemuan lintas sektoral yang dihadiri Kapolres setempat AKBP Dodo Hendro Kusuma, Asisten  Pemerintahan dan Administrasi Umum Sekretariat Daerah H Masdulhaq sekaligus merangkap Plt Kepala Kesbangpol.

Kemudian Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Hendro Nakalelo Ketua Bawaslu setempat H Alamsyah dan sejumlah instansi terkait lainnya.

"Kami mengundang lintas sektoral merupakan lembaga yang berwenang dalam rangkaian perekrutan calon anggota PPK," kata dia.

Malik menjelaskan, lintas sektoral itu meliputi Polres Barito Utara  adalah sebagai pemantau kegiatan dilapangan,  Dinas Dukcapil berkaitan dengan jumlah pemilih, Banwaslu sebagai badan yang mengawasi kegiatan, Kesbagpol membantu  pengecekkan apakah calon PPK nanti merupakan pengurus /anggota organisasi politik aktif.

Selain itu tim  Kesehatan membantu dalam cek kesehatan calon anggota PPK,  Disdik membantu  dalam legalisir ijazah, Kominfosandi membantu mensosialisasikan Informasi Kepada publik sedangkan pihak kecamatan  membantu dalam proses dilapangan baik personel maupun pendukung lainnya untuk kelancaran PPK nantinya.

"Kedepannya Kami dari KPU juga mengharapkan keikutsertaan dinas menjadi kelompok kerja (Pokja)," jelas dia.

Sementara Ketua Banwaslu  Alamsyah meminta informasi dan sosialisaai kepada masyarakat bisa secepatnya disampaikan melalui media cetak atau elektronik agar dapat menjaring sebanyak banyaknya warga masyarakat untuk menjadi anggota  PPK sehingga didapat anggota PPK yang mempunyai komitmen dan kemampuan yang baik. 

Kapolres Barito Utara  AKBP Dodo Hendro Kusuma bersama anggota  siap untuk mendukung jalannya rangkaian kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur  Kalimantan Tengah di Kabupaten Barito Utara agar situasi aman, tertib dan dinamis  di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Kadis Komunkasi, Informatika dan Persandian setempat M Iman Topik melalui Kasi Kemitraan  Media Publik Mujiburrahman siap mendukung dan mensosialisasikan informasi dari KPU melalui media  elektronik LPPL Radio Batara 103'5 FM,  portal resmi Barito Utara website www.baritoutarakab.go.id.

"Disamping itu juga melalui media sosial  seperti facebook dan instagram yang dikelola oleh Dinas Kominfosandi agar berita cepat,  tepat dan bisa diterima publik," ujarnya.