Germas terus digalakkan di Kapuas pada 2020

id Pemkab kapuas, kuala kapuas, germas, gerakan masyarakat hidup sehat, dinas kesehatan

Germas terus digalakkan di Kapuas pada 2020

Ilustrasi, sejumlah anak melintas di dekat mural gerakan hidup sehat. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menggelar forum koordinasi lintas sektor guna mendukung suksesnya pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di wilayah setempat.

“Saya minta melalui kegiatan ini semua perangkat daerah terkait dan masyarakat, bekerja sama guna melaksanakan maupun mensosialisasikan Germas ini," kata Penjabat Sekretaris Daerah Kapuas, Andreas Nuah di Kuala Kapuas, Senin.

Hal itu ia ungkapkan di sela kegiatan di Aula Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dispridagkop dan UKM) setempat.

Ia menjelaskan, forum itu merupakan upaya pemerintah daerah mendukung dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Germas merupakan salah satu upaya menurunkan faktor risiko penyakit menular, terutama di wilayah Kapuas.

Untuk itu, ia meminta organisasi perangkat daerah (OPD) setempat bersama-sama melaksanakan dan mensosialisasikan Germas hingga ke tingkat paling bawah, sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Kapuas mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Germas, sehingga tercipta masyarakat yang selalu sehat dan cerdas," ajak Andreas Nuah.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi, Kepala Bidang (Kabid) Kesmas Dinas Kesehatan Kalteng Fery Iriawan, Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Litbang Kalteng Tukas Umar, serta perwakilan OPD Kapuas dan lainnya.

Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Litbang Kalteng Tukas Umar menerangkan, terdapat beberapa tujuan dalam pelaksanaan Germas. Diantaranya menurunkan beban penyakit menular dan tidak menular.

"Juga menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit, serta menghindarkan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan," katanya saat menjadi narasumber kegiatan.

Dalam penyusunan rencana kegiatan Germas di Kapuas, harus difokuskan pada kegiatan yang berkontribusi signifikan pada enam tujuan, yaitu peningkatan aktivitas fisik dan peningkatan perilaku hidup sehat.

Kemudian penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan serta edukasi sehat.