Cemas saat tahu informasi terkait corona? Begini cara mengatasinya

id virus corona,rasa cemas,Cemas saat tahu informasi terkait corona,cara atasi cemas

Cemas saat tahu informasi terkait corona? Begini cara mengatasinya

Ilustrasi merasa cemas (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Merasa cemas seiring tersebarnya virus corona baru atau COVID-19 ke berbagai negara termasuk Indonesia adalah hal normal.

Tetapi terkadang, rasa cemas semakin menjadi-jadi seiring informasi yang terus Anda dapatkan mengenai virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

Ahli kesehatan dari departemen psikiatri Case Western Reserve University School of Medicine, Jane Timmons-Mitchell, menyarankan alih-alih membaca setiap artikel, mungkin berhenti sejenak menggali informasi bisa menjadi ide bagus jika Anda merasa terlalu khawatir.

Tetapi jika Anda yang sudah merasa cemas ekstrem namun masih perlu mengakses informasi, Anda bisa melakukannya sekali sehari. Pastikan informasi yang Anda pilih dari sumber yang valid.

Baca juga: Dua warga Indonesia positif terinfeksi corona tinggal di daerah ini

Secara umum, menurut Jane, cemas adalah reaksi yang wajar saat menghadapi potensi bahaya.

"Ada banyak cara kecemasan bisa terwujud. Tetapi jika kita berpikir tentang penyakit fisik, Anda tahu apa gejalanya, Anda bisa fokus atau menjadi terlalu sadar akan apa pun yang ada di tubuh Anda yang bisa menjadi gejala-gejala tersebut," kata dia seperti dilansir The Verge.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi cemas?

Jane menyarankan Anda memahami semua hal yang berpotensi meningkatkan risiko. Untuk mencegah terinfeksi corona, Anda bisa menerapkan pola hidup sehat seperti mencuci tangan menggunakan air dan sabun dan mengonsumsi makanan sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, lakukan olahraga untuk memerangi kecemasan. Di sisi lain, menurut Jane, tetap berkomunikasi dengan teman-teman dan melakukan sesuatu yang biasanya Anda lakukan adalah cara yang sangat baik agar tidak terlalu terpaku pada hal yang Anda khawatirkan.

Baca juga: Presiden sebut ibu-anak warga Indonesia positif terinfeksi corona

Baca juga: Dua kasus corona jadi sampel riset untuk temukan vaksin

Baca juga: Ini kronologi 2 WNI terinfeksi virus corona