Menteri Keuangan pastikan pencairan THR pada ASN maupun TNI/Polri

id pencarian thr,tunjangan hari raya,Menteri Keuangan ,sri mulyani,Menteri Keuangan pastikan pencairan THR pada ASN maupun TNI/Polri

Menteri Keuangan pastikan pencairan THR pada ASN maupun TNI/Polri

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers mengenai Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (24/5/2019). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar Rp29,38 triliun kepada aparatur sipil negara maupun TNI/Polri akan dilakukan secara serentak paling lambat pada Jumat (15/5).

"PP-nya sudah dikeluarkan Presiden dan sudah ditandatangani. PMK juga sudah keluar," kata Sri Mulyani dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin.

Sri Mulyani memastikan THR ini akan diberikan kepada seluruh pelaksana aparatur sipil negara dan TNI/Polri serta hakim dan hakim agung setara dengan jabatan di bawah eselon dua.

Baca juga: Kemnaker minta gubernur pastikan perusahaan bayar THR karyawan

"Jadi artinya pejabat eselon satu dan dua, atau jabatan fungsional yang setara dengan eselon satu dan dua, serta pejabat negara tidak mendapatkan THR," katanya.

Ia memaparkan rincian alokasi THR tersebut yaitu untuk aparatur sipil negara pusat dan TNI/Polri sebesar Rp6,77 triliun, pensiunan Rp8,7 triliun dan aparatur sipil negara daerah Rp13,89 triliun.

"Kami sedang melakukan persiapan dengan seluruh satker untuk eksekusi pembayaran THR," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan memastikan dari pemangkasan THR bagi pejabat eselon satu dan dua maupun pejabat negara, pemerintah dapat menghemat anggaran hingga Rp5,5 triliun.

Dana sebanyak Rp5,5 triliun itu akan dialokasikan untuk belanja bidang kesehatan, bantuan sosial (bansos), dukungan UMKM, dan mendanai program Kartu Prakerja untuk mengatasi dampak COVID-19.

Baca juga: Legislator Palangka Raya ingatkan perusahaan tak telat bayar THR

Baca juga: Perusahaan diminta tetap bayar THR buruh baik yang dirumahkan maupun belum

Baca juga: Erick Thohir: Tak ada THR bagi direksi dan komisaris BUMN tahun ini