Begini penjelasan Telkom Kalteng mengenai gangguan dua backbone utama

id Telkom, gangguan, internet, online, kalteng, kalimantan tengah, backbone fo putus

Begini penjelasan Telkom Kalteng mengenai gangguan dua backbone utama

Ilustrasi penggunaan internet di perangkat pribadi. (Pixabay)

Palangka Raya (ANTARA) - GM Telkom Kalimantan Tengah Yoga Istanto menjelaskan, telah terjadi gangguan dua backbone utama milik Telkom Kalteng.

Pertama, yakni backbone DWDM via SKKL ke arah Banjarmasin (BJM) di Keraya PBU pada Minggu (7/6) pukul 15.00 WIB, sehingga kemungkinan titik gangguan pada salah satu repeater SKKL di laut, katanya melalui siaran persnya, Selasa.

"Kondisi itu mengakibatkan gangguan layanan Internet di sebagian lokasi Pangkalan Bun, Sampit dan Palangka Raya," ungkapnya.

Kedua, yakni backbone DWDM FO ke arah Banjarmasin (BJM) di Pulang Pisau pada Selasa (9/6), sekitar pukul 05.00 WIB.

Sehingga pada akhirnya menyebabkan seluruh layanan Telkom Group di Kalteng mengalami 'blackout' atau mati total.

"Kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan di wilayah Kalteng atas ketidaknyamanan ini," jelas Yoga.

Pihaknya berkomitmen kuat untuk segera memperbaiki gangguan yang terjadi dan saat ini Tim Squat-B (Tim Recovery Gangguan) Telkom, sudah berada di lokasi gangguan (Pulang Pisau) untuk segera melakukan perbaikan.

"Layanan pengaduan di Plasa sementara juga kami tutup," tuturnya.

Adapun area-area yang terkena dampak pada layanan indihome/datin yakni, Pilang, Palangka Raya, Sampit, Pangkalan Bun, Kuala Kurun, Hanau, Lamandau, Kasongan, Parit, Kuala Pembuang, Samuda dan beberapa lainnya.

Sedangkan area yang tidak terdampak, yakni Puruk Cahu, Buntok, Muara Teweh, Ampah, Tamiang Layang, Kuala Kapuas, serta Pulang Pisau.

Namun lebih lanjut ia menjelaskan, berdasarkan perkembangan terbaru, pemulihan atau 'recovery' jalur backbone FO putus sudah selesai dan sekitar pukul 10.30 WIB layanan Telkom Group sudah up atau online kembali.