Ini tipe bersepeda bagi pemula

id Bersepeda,sepeda,gowes,Ini tipe bersepeda bagi pemula

Ini tipe bersepeda bagi pemula

Ilustrasi kegiatan bersepeda (ANTARA/Ho)

Jakarta (ANTARA) - Bersepeda sedang menjadi tren di masyarakat, semua orang ingin turun ke jalan untuk menempuh puluhan kilometer, namun hal ini tidak mudah bagi para pemula.

Ditto Percussion sebagai publik figur dan juga pegiat sepeda mengatakan untuk pemula hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari teman untuk berlatih dan menemani bersepeda sehingga ada rasa semangat.

Baca juga: Daftar selebritas Hollywood yang hobi bersepeda

Baca juga: Bersepeda di masa normal baru, sekedar gaya atau demi cegah COVID-19?

"Yang jelas cari teman dulu buat menemani biar enggak sendirian. Jangan langsung ikut pleton dulu biar tahu kadar tenaga kita bagaimana. Karena kan kalau enggak bisa capek juga ngikutin mereka yang udah biasa, kasihan di kitanya yang capek dan komunitasnya yang harus nungguin karena mungkin kita lama," ujar Ditto dalam "BincangShopee PSBB", Jumat.

Setelah terbiasa dengan rute tertentu, ikutlah komunitas sepeda. Sebisa mungkin, pilih komunitas yang dekat dengan rumah agar pergi dan pulang selalu berjalan beriringan bersama kelompok.

Sebagai pemula, Anda tidak perlu mencapai rute yang panjang. Akan lebih baik jika bersepeda di area dekat rumah.

"Cari rute-rute yang dekat-dekat rumah aja dulu supaya kalau terjadi apa-apa supaya gampang menghubungi orang rumah," kata suami Ayudia Bing Slamet ini.

Yang tidak kalah penting adalah selalu menggunakan helm setiap kali bersepeda. Helm berfungsi untuk melindungi kepala jika terjadi kecelakaan di jalan.

"Jangan lupa pakai helm. Kepala kita ini harus dijaga-jaga. Gue deg-degan banyak goweser yang enggak pakai helm, jangan ke tengah jalan, hargai para pengguna jalan yang lain," ujar Ditto.
 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar