KPHP Barito Hulu lakukan pembinaan industri rakyat

id kphp barito hulu,industri rakyat,kalteng,barito utara,hhbk

KPHP Barito Hulu  lakukan pembinaan  industri rakyat

Kepala KPHP Barito Hulu Unit V Rudi Candra Utama ketika memberikan materi kegiatan pembinaan industri rakyat (Klasterisasi Industri Hasil Hutan Bukan Kayu/HHBK) di Muara Teweh, Selasa (20/10/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) Wilayah X Palangka Raya bekerja sama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Barito Hulu Unit V Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melaksanakan  pembinaan industri rakyat (Klasterisasi Industri Hasil Hutan Bukan Kayu/HHBK).

Kepala KPHP Barito Hulu Unit V Rudi Candra Utama di Muara Teweh, Selasa, mengatakan kegiatan pembinaan industri rakyat HHBK ini dalam rangka memberikan pemahaman dan arah kebijakan serta pengembangan HHBK kepada pelaku usaha yaitu kepada pihak masyarakat yang mengembangkan HHBK di Barito Utara.

Diharapkan, kata dia, tergalinya potensi daerah dalam pengembangan HHBK sebagai alternatif pangan sumber bahan obat-obatan, penghasil getah-getahan dan HHBK lainnya. Kemudian mendukung kebijakan nasional dalam mengembangkan peningkatan produksi HHBK.

"Sasaran utamanya  adalah diperolehnya klasterisasi HHBK ditingkat unit kesatuan pengelolaan hutan (KPH) yang dapat didorong pengembangannya di masa yang akan datang," kata Rudi.

Rudi menambahkan  untuk penerima manfaat kegiatan yang prioritasnya adalah masyarakat sekitar areal KPH yang diterima manfaat secara langsung dan tidak langsung.

Mewakili Kepala Dinas Perindistrian dan Perdagangan Provinsi Kalteng, Penyuluh Disperindag Kalteng Vina, mengatakan terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan ini pihaknya akan menekankan terkait dengan perizinan.

"Dalam kegiatan ini kami dari pihak Disperindag Kalteng lebih menekankan dalam hal perizinan. Materi yang akan disampaikan nantinya peningkatan kualitas produk IKM ataupun UKM," kata Vina.
 
Kegiatan ini juga dihadiri 30 orang peserta dari HKM Erai Pakat Teweh Timur, KTH Maka Asi Teweh Baru, KTH Bambureb Jaya Lestari Teweh Baru, KTH Bantaian Lestari Teweh Baru dan Koperasi Rimbawan Teweh Tengah.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar