Ini alasan bau mulut muncul saat pagi hari

id bau mulut,Ini alasan bau mulut muncul saat pagi hari,Sikat gigi di malam hari,Sikat lidah

Ini alasan bau mulut muncul saat pagi hari

Ilustrasi bau mulut (Antara/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Di dalam film, Anda mungkin pernah melihat pasangan yang masih berada di atas ranjang berjarak sangat dekat, sementara beberapa dari Anda merasa tak percaya diri harus begitu karena bau mulut saat pagi.

Salah satu pendiri One Manhattan Dental di New York City, Rob Raimondi mengatakan kondisi ini disebut halitosis. Dia seperti dikutip dari Livestrong, Jumat mengatakan, bau ini berasal dari bakteri di mulut Anda yang mencerna sisa makanan di gigi, gusi dan lidah Anda

"Seiring waktu (sisa makanan ini) mengeras menjadi plak, aromanya memburuk," kata dia.

Baca juga: Cara atasi bau mulut bagi penyandang diabetes

Namun, yang membedakan halitosis hanya pada malam hari ialah Anda terus-menerus memproduksi air liur di siang hari yang membersihkan sisa-sisa makanan dan membantu menjaga mulut Anda tetap bersih.

Dokter gigi di ProHealth Dental, New York dan New Jersey, Bruce Valauri mengatakan, selama tidur, proses metabolisme tubuh Anda melambat, dan produksi air liur menurun.

Akibatnya, mulut kering secara alami meningkatkan faktor bau. Di samping itu, bernapas melalui mulut saat Anda tidur, kemudian kebiasaan merokok, dan minum alkohol sering kali bisa memperburuk keadaan.

Terlebih lagi, setiap orang memiliki keseimbangan bakteri mulut, jumlah dan kualitas air liur yang berbeda, dan beberapa orang tidak menumpuk banyak plak di mulut mereka. Artinya, nafas pagi beberapa orang tidak akan seburuk yang lain.

Tips agar nafas segar pada pagi hari

Gosok gigi di pagi hari adalah jawabannya. Minumlah air usai Anda bangun untuk melembapkan mulut Anda. Setelahnya, sarapan dulu dan kemudian sikat gigi, kata Valauri.

Baca juga: Benarkah pakai masker bisa sebabkan bau mulut?

Berkumur dengan obat kumur saja tidak akan membantu mengurangi bau mulut.

"(Obat kumur) ini tidak bertahan lama di mulut Anda. Cairan ini hanya penyegar nafas untuk saat ini," kata Valauri yang juga menyebut permen karet dengan fungsi serupa.

Selain menyikat gigi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melenyapkan bau mulut di pagi hari dan menjaga mulut tetap segar:

1. Sikat gigi di malam hari

Jangan pernah berpikir untuk langsung tidur tanpa menyikat dan flossing gigi Anda. The American Dental Association (ADA) merekomendasikan flossing gigi sekali sehari. Selain itu, gosoklah gigi selama dua menit.

2. Sikat lidah

Sikat lidah Anda dengan pengikis lidah dan tindak lanjuti dengan obat kumur bebas alkohol.

Baca juga: Penyebab dan cara atasi bau mulut saat pakai masker

3. Hindari makanan tertentu

Bawang bombay dan bawang putih bisa menambah rasa enak pada makanan Anda, tetapi cenderung memiliki efek jangka panjang pada napas Anda. Apabila Anda ingin menghindari bau mulut pagi karena alasan apa pun, pertimbangkan untuk menghindari jenis makanan ini saat makan malam.

4. Rawat kondisi medis yang mendasari

Beberapa kondisi medis dapat menyebabkan bau mulut pada pagi hari termasuk sleep apnea (Anda lebih mungkin tidur dengan mulut terbuka dan atau mendengkur yang membuat mulut Anda kering), serta GERD.

Bila Anda memiliki atau mencurigai memiliki salah satu dari kondisi ini, temui dokter Anda tentang pilihan pengobatan.

Valauri merekomendasikan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter dua kali setahun untuk memastikan tidak ada kerusakan gigi (alias gigi berlubang), infeksi dan keropos tulang terkait radang gusi yang semuanya menjadi faktor utama penyebab bau mulut.

Baca juga: Selain penumpukan sisa makanan, ini deretan penyebab bau mulut

Baca juga: Bau mulut saat puasa? Ini alasannya

Baca juga: Tips jaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa