Tips agar bisa tidur lelap saat Ramadhan

id Tidur,tidur nyenyak ,Tips agar bisa tidur lelap saat Ramadhan,Begadang

Tips agar bisa tidur lelap saat Ramadhan

Ilustrasi tidur (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Bangun jauh lebih pagi untuk sahur dan tidur lebih larut setelah tarawih membuat sebagian orang merasa kurang istirahat saat Ramadhan. Padahal, durasi tidur setiap hari sangat penting untuk menjalani aktivitas yang optimal. Bagaimana cara agar bisa tidur secara sehat dan nyaman di sela ibadah bulan suci Ramadhan? Simak kiat-kiat di bawah ini yang bisa Anda praktikkan, dilansir Gulf News.

Cari lingkungan yang tepat

Pastikan kamar tidur Anda nyaman, sejuk, tenang dan gelap. Gorden yang menghalangi cahaya matahari dan penutup telinga bisa membantu Anda dari cahaya dan hiruk pikuk suasana yang bisa mempengaruhi tidur.

Wewangian

Ada aroma menenangkan yang bisa membantu kualitas tidur Anda. Lavender terbukti menurunkan detak jantung dan tekanan darah, membuat Anda merasa lebih santai dan siap untuk tidur. Coba pakai lilin aromaterapi atau minyak esensial agar kamar tidur jadi wangi dan membuat Anda merasa tenang dan nyaman.

Gunakan kamar hanya untuk tidur

Jangan campur adukkan aktivitas lain di kamar tidur selain untuk beristirahat. Menonton televisi, makan, bekerja, atau menggunakan komputer di kamar tidur bisa menciptakan distraksi dan membuat Anda sulit beristirahat.

Aktivitas menenangkan

Jika Anda tak kunjung bisa tidur selama 20 menit, coba tinggalkan sejenak kamar tidur dan cari aktivitas menenangkan hingga Anda merasa lelah dan ingin beristirahat.

Baca juga: Kerap konsumsi kafein & mudah tersinggung tanda tidur tak berkualitas

Tidur siang

Hindari tidur siang yang berlebihan dengan durasi di atas 20-30 menit, kecuali Anda memang benar-benar kecapekan. Pasang alarm tidur siang selama 20 menit untuk meningkatkan energi dan fokus yang menurun akibat kurang tidur. Tidur siang kebablasan justru membuatmu merasa pusing dan lebih mengantuk.

Olahraga rutin

Ini berkontribusi baik untuk tidur malam yang nyenyak, sebab tubuh jadi lelah dan pikiran jadi tenang. Tapi berolahraga dalam waktu yang berdekatan sebelum tidur malah bisa membuat efek sebaliknya. Anda malah merasa segar dan sulit tidur. Jadi, lebih baik berolahraga pada sore hari, atau lebih dari empat jam sebelum waktu tidur Anda.

Makanan yang tepat

Hindari makan makanan berat, berlemak atau bergula saat berbuka puasa - tidur Anda bisa terganggu karena tubuh Anda bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan. Fokus pada makanan sehat saat sahur yang akan melepas energi secara lambat sepanjang hari seperti biji-bijian dan protein.

Hindari kafein

Hindari kafein sebisa mungkin, terlebih jelang Anda tidur.

Buat rutinitas tidur

Coba buat rutinitas tidur khusus selama Ramadhan sehingga Anda tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu tubuh memiliki ritme agar bisa tidur lebih lelap.

Batasi gawai

Sebisa mungkin, jangan pakai gawai jelang tidur karena cahaya biru dari layar bisa mengganggu kualitas tidur Anda.