Pelaku usaha di Kotim perlu dukungan untuk pemulihan ekonomi

id Kalteng, DPRD Kotim, Hairis Salamad, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Pelaku usaha di Kotim perlu dukungan untuk pemulihan ekonomi

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Hairis Salamad. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Hairis Salamad mengatakan, pemerintah daerah perlu meningkatkan dukungan kepada pelaku usaha agar bisa kembali bangkit, sekaligus mendorong percepatan pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

"Perbankan, khususnya milik daerah diharapkan bisa mempermudah pinjaman lunak kepada mereka yang membutuhkan, terutama dari masyarakat yang berprofesi petani, nelayan, pelaku UMKM dan lainnya agar kembali bangkit," kata Hairis di Sampit, Senin.

Hairis mendorong pemerintah daerah bersama perbankan mengupayakan kemudahan modal usaha, khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan masyarakat luas agar bisa bangkit di tengah pandemi COVID-19 ini.

Pandemi COVID-19 yang merambah ke Kotawaringin Timur sejak Maret lalu, membawa dampak yang luar biasa terhadap hampir semua bidang kehidupan masyarakat. Tidak hanya mengancam keselamatan, pandemi virus mematikan itu juga membuat ekonomi menjadi lesu.

Saat kondisi normal saja, masalah permodalan masih menjadi kendala yang sering dihadapi masyarakat kecil. Kini kondisi semakin sulit akibat dampak pandemi COVID-19 yang membuat perekonomian lesu.

Politisi PAN ini berharap dukungan penuh pemerintah daerah terhadap sektor ekonomi kerakyatan jangan sampai terputus. Hairis juga berharap pihak perbankan tidak perlu ragu untuk membantu permodalan UMKM dan lainnya karena meski terdampak, namun ekonomi di Kotawaringin Timur lebih stabil dibanding daerah lain di Kalimantan Tengah.

Menurutnya, perlu intervensi pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi. Khusus untuk ekonomi kerakyatan, pemerintah daerah diharapkan secara serius membantu masyarakat agar bisa kembali bangkit.

Kemudahan dalam mengakses permodalan sangat dibutuhkan agar pelaku usaha bisa kembali membenahi usaha mereka. Dengan bantuan pinjaman modal tersebut diharapkan bisa mendorong kembali menggeliatnya ekonomi kerakyatan meski pandemi COVID-19 masih terjadi.

Program pinjaman modal melalui program Kredit Usaha Rakyat maupun program lainnya diharapkan bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Tujuannya agar program itu benar-benar membawa manfaat besar bagi pengembangan usaha masyarakat.

“Masyarakat harus dibantu agar lebih mudah mengakses permodalan sehingga semakin mudah mengembangkan usaha. Ini sangat dibutuhkan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi, khususnya bagi ekonomi kerakyatan di Kotawaringin Timur ini," kata Hairis.

Jika ekonomi kerakyatan bangkit maka angka kemiskinan secara otomatis akan berkurang. Ini sekaligus menjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.