Bupati: OPD di Sukamara optimalkan berikan pelayanan secara prima

id Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio, Sukamara, Kabupaten Sukamara, HUT Kabupaten Sukamara, HUT Sukamara, Kalteng

Bupati: OPD di Sukamara optimalkan berikan pelayanan secara prima

Bupati Sukamara, Kalimantan Windu Subagio ketika memimpin upacara peringatan hari jadi ke 19 Kabupaten Sukamara di halaman Kantor Bupati, Senin (5/7/2021). ANTARA/HO-Kominfo Sukamara

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio berkeinginan di usia ke-19 tahun kabupaten setempat, menjadikan satuan kerja perangkat daerah di wilayah setempat lebih profesional dalam bekerja, berdaya saing tinggi dan mampu memberikan pelayanan secara prima, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera, maju dan bermartabat (setara).

Berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dicapai Pemerintah Kabupaten Sukamara harus terus dipertahankan dan tingkatkan agar lebih baik lagi, kata Windu pada saat upacara hari jadi ke-19 kabupaten Sukamara di halaman Kantor Bupati, Senin.

"Dibalik keberhasilan tersebut juga masih terdapat beberapa kekurangan yang harus kita perbaiki," tambahnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Seruyan itu pun mengajak semua pihak untuk membangun kebersamaan, terus mengembangkan dan meningkatkan budaya gotong royong, keterbukaan, kesetaraan serta saling menghormati.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati dan Wakil Bupati Sukamara terdahulu, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, pelaku usaha, generasi muda, insan pers dan seluruh penyelenggara pemerintahan serta masyarakat yang telah berpartisipasi dan bekerja sama dalam pembangunan di kabupaten yang kita cintai ini.

"Seperti kita ketahui bersama, bahwa peringatan hari jadi tahun ini, situasi dan kondisi bangsa kita termasuk Kabupaten Sukamara masih dilanda pandemi covid – 19, banyak sekali hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil dari pandemi ini," kata Windu.

Dia mengatakan peringatannya sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebagaimana tema hari jadi ke-19 Kabupaten Sukamara tahun ini yaitu ‘dengan inovasi dan kolaborasi Kabupaten Sukamara bergerak melawan pandemi covid-19 (bersama kita tangguh)’.

Tema  ini sungguh sangat tepat, karena akibat pandemi covid-19 ini kita harus merubah perilaku dan kebiasaan hidup kita untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru (new normal) dengan selalu dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan (prokes), jelas Windu.

Baca juga: Bupati: Pembangunan semua sektor di Sukamara terus ditingkatkan

Pada kesempatan itu, dirinya juga menyampaikan capaian hasil pembangunan di beberapa sektor yakni sektor perikanan dengan dibukanya cluster tambak di wilayah kecamatan pantai lunci dengan luasan 7,7 ha dengan  total produksi udang vaname sampai dengan bulan juli 2021 mencapai 50,69 ton dan untuk target produksi udang vaname tahun 2021 sebesar 112,38 ton.

"Ada juga pada sektor perkebunan dengan dilaksanakannya program peremajaan sawit rakyat (psr) di 17 gapoktan dan poktan pada tahun 2019 mencapai 857,50 ha, tahun 2020 mencapai 1141,25 ha dan target tahun 2021 seluas 3400 ha" ungkap Windu.

Selain itu, pada sektor peternakan sebagai upaya pencapaian swasembada daging pemerintah daerah membuka peluang investor melalui sukamara ranch di kawasan pantai lunci. Disamping itu juga, ada beberapa prestasi yang telah diraih oleh Kabupaten Sukamara, seperti pendapatan asli daerah Kabupaten Sukamara setiap tahunnya mengalami peningkatan, yang bersumber dari pendapatan pajak daerah, pendapatan retribusi daerah, perusahaan daerah dan pendapatan daerah lainnya.

Menjadi kebanggan juga adalah Kabupaten Sukamara 9 (sembilan) tahun berturut-turut mendapat opini wajar tanpa pengecualian (wtp) dari badan pemeriksa keuangan (BPK - RI) Republik Indonesia terhadap laporan keuangan pemerintah daerah yaitu tahun anggaran 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019,dan 2020. 

"Ini artinya tata kelola pemerintahan dan keuangan di Kabupaten Sukamara benar-benar menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi," kata Windu.

Dengan tekad, komitmen dan usaha keras inilah yang saya yakini sebagai bentuk perhatian dan ketulusan dari Pemerintah Kabupaten Sukamara, sehingga mampu mempertahankan opini ini. Terlebih, wilayah ini juga meraih penghargaan terbaik BPJS tenaga kerja tahun 2020.

Terakhir, dirinya menegaskan kembali dan untuk menjadi perhatian kita bersama bahwa di masa adaptasi kebiasaan baru ini yaitu masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Saya ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada gugus tugas peningkatan upaya penanganan COVID-19 Kabupaten Sukamara sebagai garda terdepan dalam memutus mata rantai penularan COVID-19," demikian Windu. 
Baca juga: TP PKK Sukamara diminta bantu optimalkan pemberdayaan masyarakat

Baca juga: Optimalisasi potensi ekonomi daerah dengan dukungan layanan jasa keuangan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar