Usai terima 'Vera Award' Disdagperin Kalteng harapkan peningkatan pagu anggaran

id Pemprov kalteng, kalteng, disdagperin kalteng terima vera award, kppn palangka raya, pagu anggaran, dipa, dipa kecil, dipa sedang

Usai terima 'Vera Award' Disdagperin Kalteng harapkan peningkatan pagu anggaran

Kepala Disdagperin Kalteng Aster Bonawaty (tengah) menerima piagam penghargaan 'Vera Award' dari KPPN Palangka Raya, Selasa, (31/8/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah kembali menerima 'Vera Award' dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Palangka Raya.

Disdagperin Kalteng menerima 'Vera Award' kategori DIPA kecil atas kedisiplinan dan kepatuhan dalam rekonsiliasi laporan keuangan serta penyampaian laporan pertanggungjawaban bendahara, periode triwulan II tahun 2021 dengan nilai 98,19 atau sangat baik di Palangka Raya, Selasa.

"Dengan kepercayaan yang diberikan negara bisa mengelola pagu anggaran kecil, kami harapkan Disdagperin kedepan bisa mendapatkan pagu anggaran sedang, artinya naik kelas," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng Aster Bonawaty.

Sehingga apabila kenaikkan pagu anggaran di dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) bisa direalisasikan, maka pelayanan kepada masyarakat oleh Disdagperin Kalteng tentu bisa lebih optimal lagi, baik dalam rangka pemulihan ekonomi maupun pengembangan kegiatan yang bisa menyentuh kebutuhan masyarakat.

Dijelaskannya Disdagperin memiliki enam program kegiatan, meliputi fasilitasi pasar murah, penyediaan data harga dan stok barang perdagangan kebutuhan pokok dan barang penting, partisipasi pameran pangan nusa, standarisasi dan pengendalian mutu di daerah, perlindungan konsumen, serta layanan dukungan manajemen satuan kerja.

Lebih lanjut disampaikannya, raihan penghargaan ini tidak lepas dari bimbingan serta binaan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Edy Pratowo yang secara terus menerus mendorong serta memotivasi pihaknya melaksanakan tugas dan menyelenggarakan berbagai kegiatan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat.

"Selain itu capaian ini juga berkat komitmen dan kerja keras dari tim pada Disdagperin untuk terus memacu kinerjanya, termasuk jalinan kerja sama yang baik dengan KPPN," ungkapnya.

Adapun penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kalteng Hari Utomo. Dalam kesempatan itu, Hari mengatakan, 'Vera Award' diberikan berdasarkan penyampaian ketepatan waktu dan akurasi data dari rekonsiliasi laporan keuangan dan LPJ bendahara.

Melalui penghargaan ini pihaknya melalui KPPN Palangka Raya menyampaikan apresiasi kepada satker yang mencurahkan perhatian serta kinerja baik terkait hal itu. Artinya satker berkontribusi dalam menyajikan laporan pertanggungjawaban pemerintah secara akuntabel.