Tesla hadirkan stasiun Supercharger

id Tesla,mobil listrik,Tesla hadirkan stasiun Supercharger

Tesla hadirkan stasiun Supercharger

Pengisian baterai mobil listrik Tesla. ANTARA/Shutterstock.

Jakarta (ANTARA) - Tesla membuka Supercharger, stasiun pengisian daya listrik pertama miliknya yang bisa dipakai kendaraan listrik (EV) merek lain, dikutip dari Reuters, Selasa.

Pihak perusahaan pada Senin (1/11) waktu setempat mengatakan, program tersebut akan diuji di 10 lokasi di Belanda dan pengemudi EV non-Tesla dapat mengakses Supercharger melalui aplikasi Tesla.

Supercharger terbuka untuk mobil dengan Combined Charging System (CCS) seperti BMW, Daimler, Ford, dan Volkswagen yang mencakup Audi dan Porsche. Sementara itu, para pengemudi Tesla dapat terus menggunakan stasiun seperti biasa.

Baca juga: Saham tesla lampaui nilai 1 triliun dolar, Elon Musk Musk untung ganda

Baca juga: Tesla diam-diam naikkan harga empat kendaraan listrik

Tesla menggunakan standar CCS di Eropa sehingga memungkinkan berbagai mobil untuk mengisi daya di stasiun tanpa adaptor.

Tarif pengisian untuk pengemudi non-Tesla akan dikenakan biaya tambahan. Namun, tarif dapat diturunkan jika tergabung dalam keanggotaan atau membership.

"Langkah ini secara langsung mendukung misi kami untuk mempercepat transisi dunia ke energi berkelanjutan," kata Tesla.

Saat ini, Tesla mengoperasikan lebih dari 25.000 Supercharger di seluruh dunia. Sementara itu, produsen mobil lainnya telah membentuk aliansi atau berinvestasi dalam startup untuk menciptakan jaringan saat perusaahan tersebut mendorong masuknya EV baru ke pasar.