Garin Nugroho lahirkan sebuah karya film 'Sepeda Presiden'

id Garin Nugroho,Sepeda Presiden,Garin Nugroho lahirkan sebuah karya film 'Sepeda Presiden'

Garin Nugroho lahirkan sebuah karya film 'Sepeda Presiden'

Sutradara Garin Nugroho (kanan) didampingi Artis Ariel Tatum saat merilis poster resmi film "Sepeda Presiden" dalam rangkaian 40 Tahun Garin Nugroho Berkarya pada acara Bali International Film Festival (BALINALE) 2021 di Kuta, Badung, Bali, Minggu (14/11) malam. (Foto Antara News Bali/Nyoman Hendra/2021)

Jakarta (ANTARA) - Sutradara kenamaan Indonesia Garin Nugroho melahirkan sebuah karya film berjudul "Sepeda Presiden" setelah melalui proses syuting selama satu bulan di Papua dan poster resmi film tersebut dirilis dalam rangkaian 40 Tahun Garin Nugroho Berkarya pada "Bali International Film Festival (BALINALE) 2021" di Kuta, Badung, Bali.

"Film ini adalah film Natal utuh di Indonesia, selama ini tidak pernah ada film Natal di Indonesia dan juga tidak ada film musikal anak-anak Indonesia Timur, sementara ada bakat musikalisasi dari Indonesia Timur," kata kata Garin Nugroho saat diwawancarai di sela acara Bali International Film Festival di Kuta, Minggu malam.

Film "Sepeda Presiden" yang disutradarai Garin Nugroho dan diproduksi oleh rumah produksi Radepa Studio tersebut dikemas menjadi sebuah film keluarga yang bertujuan mengajak masyarakat bernyanyi dan bergembira.

Ia mengaku lewat film ini juga bisa menemukan bakat anak-anak dari Papua, melalui film ini pula bisa beragama dengan gembira dan tidak ada ketegangan dalam beragama.

Film tersebut dibintangi Ariel Tatum, Sita Nursanti, Ian William, Joanita Idol dan Papua Kids yakni tiga anak Papua yang berbakat Arnold Asmuruf, Franken Ramandei, dan Elias Pandawa.

Film tersebut menjadi salah satu penanda 40 tahun Garin Nugroho berkarya dari kecintaannya terhadap anak-anak , musik, Indonesia, dan negeri Papua.

"Meskipun sudah berkali-kali saya mengunjungi Papua, namun kecintaan dan kekaguman dengan keindahan tanah Papua tidak pernah berkurang sedikitpun," katanya.

Baca juga: Garin Nugroho bagikan tips jika ingin angkat isu sensitif lewat film

Ia menambahkan Papua adalah sebuah sumber spirit, sumber talenta acting, tari, nyanyi dan kegembiraan.

Film "Sepeda Presiden" adalah representasi dari kisah mimpi dan harapan anak-anak Indonesia dan juga merupakan film tentang literasi yakni literasi digital maupun literasi informasi.

Film tersebut mengangkat cerita tentang impian kebanyakan anak-anak Indonesia untuk bisa memiliki kebahagiaan yang sama dimiliki oleh saudara-saudara yang lainnya yang memiliki kelimpahan informasi dan segala kemudahan yang dinikmati oleh anak-anak metropolitan.

Artis Ariel Tatum yang merupakan pemeran dalam film "Sepeda Presiden" tersebut mengaku kaget saat mendapat tawaran bermain dalam film ini.

"Awalnya saya baca ceritanya tapi saya tidak dikabari siapa sutradaranya, setelah itu baru saya dikabari kalau sutradaranya Mas Garin," katanya

Bahkan, Garin Nugroho secara mendadak mengajaknya shooting ke Papua yakni sebelum syuting dimulai.

Bagi Ariel Tatum, film "Sepeda Presiden" ini unik karena untuk pertama kalinya ia syuting tanpa memegang skenario dan keseruan lainnya yang ia rasakan juga karena baru pertama kali syuting dengan anak-anak.

Sementara itu, Produser Film, Avesina Soebli mengatakan bahwa Garin Nugroho merupakan sosok yang membawa wajah baru dalam dunia perfilman Indonesia.

"Hari pertama film ini datang ke studio, saya nonton langsung, saya merasa degdegan," katanya.

Dalam film ini berisi sebanyak 17 lagu yang digarap selama satu bulan dan dinyanyikan delapan orang, bahkan Ariel Tatum menyanyikan sebanyak lima lagu dalam film ini dan rencananya film ini tayang bulan Desember 2021.

Baca juga: Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' akan tayang lagi di bioskop

Baca juga: Reza Rahardian ungkap konsep dan penyesuain dalam FFI 2021

Baca juga: Anggota kru 'India Jones 5' ditemukan tewas di lokasi syuting