DPRD Kotim minta Dinas PUPR berbenah tingkatkan kinerja

id DPRD Kotim minta Dinas PUPR berbenah tingkatkan kinerja, kalteng, DPRD kotim, muhammad Kurniawan Anwar, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur

DPRD Kotim minta Dinas PUPR berbenah tingkatkan kinerja

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Muhammad Kurniawan Anwar saat kunjungan lapangan, beberapa waktu lalu. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Muhammad Kurniawan Anwar meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang berbenah dan meningkat kinerja agar lebih optimal dalam melaksanakan pembangunan. 

"Meskipun masih dijabat seorang Plt (pelaksana tugas) kepala dinas, tapi harus berani dalam inovasi program. Masyarakat sangat menunggu itu," kata Kurniawan di Sampit, Senin. 

Saat ini infrastruktur Kotawaringin Timur masih perlu ditingkatkan. Jalan-jalan di kawasan pelosok, bahkan di kawasan kota pun masih banyak yang harus ditingkatkan. 

Menurut Kurniawan, Dinas PUPR merupakan dinas yang sangat strategis dalam pembangunan daerah. Dinas ini menangani program-program fisik seperti jalan, jembatan, gedung hingga pengairan. 

Oleh sebab itu diperlukan manajemen yang sehat dan baik agar dinas ini bisa lebih optimal. Figur pejabat yang ditempatkan memimpin instansi ini juga harus memiliki kemampuan mumpuni sehingga fokus untuk inovasi pembangunan. 

"Tapi kalau stagnan dan monoton, ada baiknya kepala daerah segera mengoreksi keadaan tersebut, karena kita semua berpacu dengan waktu," timpal Kurniawan. 

Politisi Partai Amanat Nasional menambahkan, hasil kunjungan dan pemantauannya di beberapa daerah lain, Dinas PUPR banyak melakukan terobosan yang baik dan terukur, bahkan mereka aktif mensosialisasikan program-program yang telah selesai kepada masyarakat melalui media sosial mereka.

Baca juga: Pemkab Kotim berharap 2024 seluruh desa tersambung listrik PLN

"Sudah saatnya pemerintah lebih terbuka kepada publik. Jangan takut dikritik. Kami rasa, jangan panik lah dengan kritik masyarakat, karena memang itu yang sedang dirasakan masyarakat. Tugas pemerintah mencarikan solusinya," jelas Kurniawan. 

Melalui fungsi pengawasan dan fungsi kontrol seperti yang sudah tertuang di Peraturan Pemerintah Nomor 12/2018, DPRD harus menjalankan tugas dengan baik. 

"Kami pun selalu selalu memberikan saran dan masukan yang membangun kepada eksekutif. Oleh sebab itu, kami minta, lepaskan dulu ego sektoral demi percepatan pembangunan dan pengembalian ekonomi pasca COVID-19," demikian Kurniawan. 

Sementara itu, saat ini Dinas PUPR Kotawaringin Timur dipimpin Kaspul Zain selaku Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR sejak ditetapkan pada Selasa (8/2/2022) lalu. Rencananya akan segera dilakukan seleksi terbuka atau lelang jabatan untuk mengisi kekosongan pejabat definitif pada jabatan tersebut. 

Baca juga: COVID-19 masih merenggut nyawa di Kotim

Baca juga: Pemprov Kalteng gelontorkan anggaran bantu perbaikan jalan di utara Kotim

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar dan KNPI Kotim bekali pemuda pengetahuan budidaya kelapa sawit