PT Sukajadi Sawit Mekar dan KNPI Kotim bekali pemuda pengetahuan budidaya kelapa sawit

id PT Sukajadi Sawit Mekar dan KNPI Kotim bekali pemuda pengetahuan budidaya kelapa sawit, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, SSM, Sukajadi sawi

PT Sukajadi Sawit Mekar dan KNPI Kotim bekali pemuda pengetahuan budidaya kelapa sawit

Peserta pelatihan budidaya kelapa sawit di Kecamatan Telawang berfoto bersama usai kegiatan yang digelar PT Sukajadi Sawit Mekar bekerjasama dengan DPD KNPI Kotawaringin Timur, Jumat (8/4/2022). ANTARA/HO-PT SSM

Sampit (ANTARA) - Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Sukajadi Sawit Mekar (SSM) bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah bekerjasama menggelar pelatihan budidaya kelapa sawit untuk pemuda atau kaum milenial di Kecamatan Telawang. 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat karena menjadi bekal bagi pemuda untuk memanfaatkan potensi besar di daerah ini yaitu berkebun kelapa sawit. Dengan pengetahuan yang didapat ini, kita bisa memanfaatkan lahan tidak produktif menjadi produktif dan menghasilkan pendapatan untuk menunjang peningkatan kesejahteraan," kata Ketua DPD KNPI Kotawaringin Timur, Endra Rosana di Telawang, Jumat. 

Pelatihan ini diikuti 30 orang pemuda dan petani sawit anggota KNPI Kotawaringin Timur di Kecamatan Telawang. Selain itu ada pula peserta yang merupakan pengurus kebun kas desa binaan PT Sukajadi Sawit Mekar. 

Acara diawali pelantikan pengurus KNPI Kecamatan Telawang, kemudian dilanjutkan pelatihan budidaya sawit kepada smallholders atau petani sawit. 
Kebun kas Desa Sebabi Kecamatan Telawang seluas 10 hektare merupakan salah satu binaan yang dikelola PT Sukajadi Sawit Mekar yang hasilnya untuk mendukung pemerintahan desa setempat. ANTARA/HO-PT SSM

Turut hadir dalam kegiatan ini pejabat dari Dinas Pertanian Kotawaringin Timur, Camat Telawang Siagano serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecanatan Telawang. Sementara itu dua narasumber dihadirkan dari PT Sukajadi Sawit Mekar yang sudah berpengalaman dalam budidaya kelapa sawit. 

Acara ini juga didukung Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) yang membagikan buku berjudul 'Fakta & Mitos Kelapa Sawit'. Buku yang disusun oleh para pakar lintas keilmuan ini sangat bermanfaat dalam membuka wawasan terkait sektor perkebunan kelapa sawit. 

KNPI Kotawaringin Timur mengapresiasi PT Sukajadi Sawit Mekar yang telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan pelatihan budidaya kelapa sawit dan dirangkai Pelantikan DPK KNPI Kecamatan Telawang tersebut. 

Endra menyebut PT Sukajadi Sawit Mekar yang merupakan anak perusahaan Musim Mas Group itu merupakan perusahaan besar swasta yang sangat peduli kepada masyarakat. Untuk itu, wajib bagi pihaknya mengapresiasi dan mendukung dengan cara bersinergi dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi orang banyak. 
Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) membagikan buku berjudul 'Fakta & Mitos Kelapa Sawit' sebagai dukungan terhadap pelatihan budidaya kelapa sawit di Kecamatan Telawang yang digelar PT Sukajadi Sawit Mekar bekerjasama dengan DPD KNPI Kotim, Jumat (8/4/2022). ANTARA/HO-PT SSM

"Kami berharap perusahaan yang lain di tiap kecamatan mengikuti apa yg telah dilakukan oleh PT SSM dalam rangka sinergi program, khususnya kepemudaan karena KNPI adalah organisasi yang semi pemerintah sehingga selalu berkoordinasi dengan pemerintah terkait kegiatan yang dilakukan," ujar Endra. 

Camat Telawang Siagano mendukung penuh pelantikan pengurus KNPI Kecamatan Telawang serta kegiatan pelatihan budidaya kelapa sawit tersebut karena sangat bermanfaat untuk masyarakat setempat. 

"Kami sangat mendukung ini karena prioritas pembangunan di tiap desa terbuka untuk siapapun elemen masyarakat. Kami mendukung pemuda untuk memanfaatkan potensi ini dan meningkatkan peran," kata Siagano.

Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah, Teuku Kanna mengatakan, pelatihan budidaya kelapa sawit ini merupakan upaya perusahaan mereka mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan lahan dengan budidaya kelapa sawit. Potensinya sangat besar, apalagi saat ini harga kelapa sawit cukup bagus. 
Peserta, narasumber dan FKPK Telawang berfoto bersama saat pelatihan budidaya kelapa sawit di Kecamatan Telawang yang digelar PT Sukajadi Sawit Mekar bekerjasama dengan DPD KNPI Kotim, Jumat (8/4/2022). ANTARA/HO-PT SSM

"Melalui pelatihan ini, kami berharap masyarakat mempunyai bekal untuk memulai budidaya kelapa sawit. Kami siap mendukung dan bermitra dengan masyarakat," kata Kanna. 

Kanna mengapresiasi antusiasme pemuda mengikuti pelatihan ini. Harapannya, akan banyak pemuda yang tertarik membudidayakan kelapa sawit dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk mendapatkan penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan. 

Melalui berbagai program corporate social responsibility (CSR) atau program tanggung jawab sosial, PT Sukajadi Sawit Mekar berupaya terus membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan daerah. 

Ini merupakan wujud komitmen dan kepedulian PT Sukajadi Sawit Mekar dalam berpartisipasi membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Upaya yang dilakukan juga menggandeng banyak pihak, salah satunya KNPI Kotawaringin Timur melalui kegiatan tersebut.

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar kembali gelar pasar murah minyak goreng di Sampit

Baca juga: Operasi pasar minyak goreng PT SSM bersama KNPI Kotim diserbu warga

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar dan Polsek Telawang gelar vaksinasi anak usia 6-11 tahun

Baca juga: Seremoni 'restocking' ikan lokal, PT Sukajadi Sawit Mekar tebar 5.000 benih ikan