PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari raih penghargaan peduli penanganan karhutla

id PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari raih penghargaan peduli penanganan karhutla, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bupati kotim, h

PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari raih penghargaan peduli penanganan karhutla

Bupati Halikinnor menyerahkan piagam penghargaan kepada General Manager Musim Mas Group Regional Kalteng Rusli Salim untuk PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari atas kepedulian dalam membantu penanganan karhutla di Kotawaringin Timur, Rabu (17/1/2024). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor memberikan penghargaan kepada perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari karena peduli dalam membangun pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

"Penghargaan ini sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi pemerintah kepada pihak perusahaan yang membantu penanganan karhutla. Partisipasi perusahaan sangat membantu pemerintah dalam mengatasi karhutla," kata Halikinnor di Sampit, Rabu. 

Penghargaan untuk PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari, perusahaan yang bernaung di bawah Musim Mas Group itu diserahkan langsung oleh Bupati Halikinnor kepada General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah Rusli Salim. 

Turut hadir menyaksikan penyerahan piagam penghargaan itu Wakil Bupati Irawati, Ketua DPRD Rinie beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah lainnya, usai apel gabungan di halaman kantor bupati yang diikuti ratusan peserta. 
Wakil Bupati Irawati dan General Manager Musim Mas Group Regional Kalteng Rusli Salim (berdampingan) saat sesi foto bersama dengan penerima penghargaan, Rabu (17/1/2024). ANTARA/Norjani

Saat menyerahkan piagam, Halikinnor menyampaikan terima kasih atas komitmen tinggi dan konsistensi PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari dalam membantu pemerintah daerah dan masyarakat, termasuk dalam hal pencegahan dan penanganan karhutla. 

Selain menjaga areal perusahaan sendiri tidak sampai terjadi kebakaran lahan, pihak perusahaan juga membantu peralatan pemadam kebakaran serta membina relawan pemadam kebakaran di desa-desa sekitar perusahaan. 

Pihak perusahaan juga memberikan bantuan peralatan pemadam kebakaran dan dukungan lainnya kepada pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Bupati berharap dukungan dan sinergisitas ini terus berlanjut mengingat Kotawaringin Timur termasuk daerah rawan karhutla, khususnya saat musim kemarau. Dukungan dari pihak perusahaan dan masyarakat sangat dibutuhkan agar upaya yang dilakukan lebih maksimal karena keterbatasan kemampuan personel dan peralatan yang dimiliki pemerintah daerah. 
General Manager Musim Mas Group Regional Kalteng Rusli Salim memperlihatkan piagam penghargaan dari Bupati Kotawaringin Timur untuk PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari atas kepedulian dalam membantu penanganan karhutla di Kotawaringin Timur, Rabu (17/1/2024). ANTARA/Norjani

"Terima kasih dan tolong tetap bantu kami pemerintah daerah. Kita bersama-sama menjaga daerah kita ini agar tidak sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap karena bisa berdampak pada hampir semua sektor kehidupan," demikian Halikinnor didamping Kepala Pelaksana BPBD Kotawaringin Timur, Multazam. 

Sementara itu General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah Rusli Salim mengatakan, pihaknya terus berkomitmen turut berpartisipasi dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla di daerah ini. 

"Kami sudah ada program rutin yang kami jalankan setiap tahun, seperti sosialisasi bahaya dan pengendalian karhutla, pembinaan relawan pemadam kebakaran desa dan bantuan peralatan pemadam kebakaran," kata Rusli Salim. 

Musim Mas Group melalui anak perusahaan mereka, di antaranya PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari secara rutin menjalankan program yang diberi nama Masyarakat Bebas Api. 
Dokumentasi - Kepala Disdamkarmat Kotim Hawianan dan Kepala Pelaksana BPBD Kotim Multazam bersama manajemen PT Unggul Lestari dan pejabat lainnya menunjukkan peralatan pemadam kebakaran saat apel siaga dan simulasi penanggulangan karhutla yang diinisiasi PT Unggul Lestari, Senin (26/6/2023). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari


Program ini dilaksanakan dengan melibatkan relawan pemadam kebakaran di desa-desa sekitar perusahaan. Programnya berupa sosialisasi, pelatihan dan bantuan dengan mendatangkan narasumber dari instansi terkait di tingkat kabupaten. 

Tujuannya agar relawan pemadam kebakaran bisa lebih optimal mencegah dan menangani jika terjadi karhutla di desa mereka. Perusahaan juga memberikan reward terhadap desa yang berhasil mencegah terjadinya karhutla dalam kurun waktu satu tahun pelaksanaan komitmen bersama. 

PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari berkomitmen untuk hadir bersama-sama pemerintah dalam mencegah dan menangani karhutla. Hal ini didasari kesadaran bersama karena dampak karhutla bisa merugikan masyarakat luas sehingga harus dicegah bersama-sama. 

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar bantu nelayan Desa Sebabi kembangkan usaha perikanan

Baca juga: Peduli Pendidikan, PT Sukajadi Sawit Mekar bagikan 490 paket perlengkapan sekolah

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar berikan beasiswa untuk mahasiswi asal desa sekitar perusahaan

Baca juga: Safari Ramadhan PT Sukajadi Sawit Mekar berbagi bingkisan Lebaran