Tiga tahun tak berfungsi, Lampu lalu lintas A Yani-Nansarunai Bartim diperbaiki

id Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Tius Bani, Dishub Kabupaten Barito Timur, Dishub Bartim, Kabupaten Barito Timur, B

Tiga tahun tak berfungsi, Lampu lalu lintas A Yani-Nansarunai Bartim diperbaiki

Petugas dari Dishub Bartim melakukan pemeliharaan trafficlight di persimpangan Jalan Nansarunai - Tamiang Layang, Rabu (17/5/2022). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Tius Bani membenarkan bahwa lampu lalu lintas di pertigaan Jalan A Yani - Nansarunai di Kelurahan Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur, selama tiga tahun terakhir tidak dapat berfungsi secara baik atau mati total.

"Kami saat ini sedang melakukan pemeliharaan dan perbaikan. Salah satu item barang yang dipesan yakni baterai. Setelah tiba, akan langsung dilakukan pemasangan," kata Tius di Tamiang Layang, Rabu.

Meski begitu, dirinya mengakui anggaran untuk perbaikan tersebut tidak cukup besar. Untuk itu, pihaknya hanya melakukan pemeliharaan berupa penggantian tiang lampu lalu lintas dan baterai tanpa unit lampu.

Tius mengatakan, perbaikan lampu lalu lintas dilaksanakan untuk menjawab respon masyarakat yang terus mempertanyakan dan menginginkan berfungsinya kembali lampu lalu lintas.

"Lampu lalu lintas sangat penting bagi keselamatan pengendara maupun pejalan kaki. Pertama. Fungsinya untuk mengurangi tingkat kecelakaan akibat perbedaan arus jalan yang berakhir tabrakan," beber dia.

Selain itu, kata Plt Kepala Dishub Bartim itu , lampu lalu lintas juga memiliki fungsi sebagai sarana alat untuk memberikan isyarat sekaligus mengontrol arus pada areal tempat yang ada rambu lampu lalu lintasnya.

Baca juga: Hasil panen padi di Patangkep Tutui memuaskan

"Berfungsinya lampu lalu lintas diharapkan bisa membuat arus lalu lintas di Kota Tamiang Layang teratur, mengurangi kepadatan lalu lintas, menekan insiden kecelakaan dan terciptanya masyarakat yang taat peraturan lalu lintas di wilayah perkotaan dan sekitarnya," kata Tius.

Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur melakukan pemeliharaan lampu lalu lintas sejak Selasa (17/5) kemarin hingga saat ini. Hari ini petugas melakukan pemeliharaan lampu lalu lintas pada bagian tengah.

"Kami juga menghimbau dan meminta masyarakat Kabupaten Barito Timur untuk mentaati peraturan berlalu lintas, khususnya saat difungsikannya lampu lalu lintas di pertigaan Jalan A Yani - Nansarunai," demikian Tius.

Baca juga: Bupati Bartim: Raihan WTP berkat kinerja optimal pejabat dan jajaran

Baca juga: Usai periksa kesehatan, jamaah calon haji Bartim segera ikut bimbingan manasik