Pilkades serentak di Barito Utara berjalan aman dan lancar

id pilkades serentak barut,pilkades barito utara,tps desa lemo 2,barito utara,kalteng

Pilkades serentak di Barito Utara berjalan aman dan lancar

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Kapolres AKBP Gede Pasek Muliadnyana dan Camat Teweh Tengah Jati Prayogo bersama pejabat lainnya meninjau pelaksanaan pilkades di TPS 02 Desa Lemo II, Kamis (19/5/2022).ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pelaksanaan pemilihan kepada desa (pilkades) serentak 2022 yang dilaksanakan di 73 desa tersebar pada sembilan kecamatan berjalan aman dan lancar pada Kamis (19/5).

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra didampingi Sekda Muhlis, unsur FKPD, asisten perekonomian dan pembangunan, kepala perangkat daerah melaksanakan peninjauan langsung pelaksanaan pilkades serentak 2022.

"Agar masyarakat pendukung calon kepala desa tetap menjaga keamanan baik bagi yang terpilih maupun yang tidak, dengan demikian tercipta situasi yang kondusif," kata Sugianto.

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengharapkan kepada para calon kepala desa baik yang nanti terpilih maupun tidak terpilih agar tetap menerima hasil tersebut dengan lapang dada. Dia tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut mensukseskan pilkades serentak di Barito Utara.

"Terutama kepada jajaran Polres Barito Utara yang turut menjaga keamanan dan ketertiban," ujar Wabup Sugianto.

Tinjauan pertama dilakukan di Desa Lemo II Kecamatan Teweh Tengah dan dilanjutkan di Desa Sikui Kecamatan Teweh Selatan.

Di Desa Lemo II, rombongan Wakil Bupati disambut oleh Camat Teweh Tengah Jati Prayogo untuk meninjau TPS 02 di Kantor Desa Lemo II. Selain rombongan Wabup, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini juga turut meninjau pelaksanaan pencoblosan untuk memilih Kepala Desa Lemo II. 

Camat Teweh Tengah Jati Prayogo menyampaikan bahwa di kecamatannya terdapat lima desa yang melaksanakan pilkades, yakni Desa Lemo II, Pendreh, Sei. Rahayu II, Beringin Raya, dan Datai Nirui. 

Dijelaskan juga bahwa pelaksanaan pilkades di lima desa berjalan dengan lancar, baik dari persiapan sampai dengan pelaksanaan. 

"Semoga sampai dengan terpilihnya kepala desa, kondisi tetap kondusif," harap Jati. 

Disampaikan juga bahwa pelaksanaan pilkades tetap dengan menjalankan protokol kesehatan.

Saat peninjauan, di TPS 02 Desa Lemo II partisipasi warga mencapai 95 persen lebih sementara di TPS 01 Desa Sikui partisipasi mencapai 75 persen.

Pilkades serentak di Barito Utara  yang diikuti 249 calon kepala desa tersebar di 73 desa pada sembilan kecamatan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap sebanyak 44.080 pemilih.