Bupati Kotim yakinkan sapi kurban bebas PMK

id Bupati Kotim yakinkan sapi kurban bebas PMK, kalteng, bupati kotim, Halikinnor, Fajrurrahman, kurban, Idul Adha, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur

Bupati Kotim yakinkan sapi kurban bebas PMK

Bupati Halikinnor didampingi Sekretaris Daerah Fajrurrahman saat menyerahkan bantuan sapi kepada pengurus Masjid Al Kamal Kecamatan Baamang untuk pelaksanaan ibadah kurban Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Sabtu (9/7/2022). ANTARA/HO-Pemkab Kotim

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor meyakinkan bahwa hewan kurban yang ada di daerah ini bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) karena sudah diperiksa. 

"Hewan kurban sudah dikarantina dan diperiksa dokter hewan untuk memastikan bebas dari PMK, jadi aman untuk dikonsumsi," kata Halikinnor di Sampit, Sabtu. 

Pernyataan itu disampaikan Halikinnor di sela penyerahan bantuan sapi kurban untuk tiga masjid di Sampit yakni Masjid Baiturrahman, Masjid Al Kamal dan Masjid Wahyu Al Hadi. Dia didampingi Sekretaris Daerah Fajrurrahman dan Camat Baamang Ady Candra. 

Bantuan sapi kurban tersebut dalam rangka ibadah kurban Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah atau 2022 Masehi. Bantuan diberikan kepada sejumlah masjid hingga kecamatan-kecamatan terjauh. 

Sapi-sapi tersebut disalurkan sejak kemarin dengan mendahulukan lokasi-lokasi yang jauh dari pusat kota Sampit. Halikinnor meyakinkan bahwa sapi kurban yang disalurkan sudah diperiksa kondisi kesehatannya. 

Baca juga: Legislator Kotim kecewa antrean truk di sekitar SPBU tidak ditangani

Dia berharap masyarakat tidak perlu panik. Meski Kotawaringin Timur termasuk zona merah PMK karena ditemukan ternak yang terjangkit penyakit tersebut, namun ternak yang disalurkan untuk ibadah kurban dipastikan sudah diperiksa kesehatannya sehingga aman. 

Pemerintah daerah berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan, khususnya masyarakat di sekitar masjid untuk menikmati daging sapi dari pelaksanaan ibadah kurban. Pemerintah daerah berharap bantuan bisa ditingkatkan setiap tahunnya. 

"Kami juga berharap semoga dengan hikmah Hari Raya Idul Adha, tahun ini sudah tidak ada lagi COVID-19, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur dan mudahan di negara Republik Indonesia yang kita cintai ini," demikian Halikinnor. 

Wakil Ketua Pengurus Mesjid Al Kamal, H Arasi menyampaikan terima kasih atas bantuan sapi kurban dari pemerintah daerah. Tahun ini masjid tersebut melaksanakan ibadah kurban sebanyak tiga ekor sapi dan empat ekor kambing yang merupakan hasil arisan dari warga sekitar, sumbangan dari pemerintah serta dermawan.

"Untuk penyaluran dagingnya besok rencananya paling kita edarkan sekitar 200 kupon, sebagian lainnya rencananya dagingnya itu kita antar 'door to door' kepada warga sekitar," demikian Arasi. 

Baca juga: Kotim zona merah PMK, pemkab yakinkan daging kurban aman dikonsumsi

Baca juga: DPRD Kotim ingatkan inovasi menggali PAD jangan membebani masyarakat

Baca juga: DPRD Kotim berharap evaluasi tenaga kontrak tidak menimbulkan masalah baru