Warga Desa Datai Nirui Teweh Tengah usulkan perbaikan jalan dan jembatan

id reses anggota dprd barut,dprd barut,mustafa joyo muchtar,datai nirui,barito utara,kalteng

Warga Desa Datai Nirui Teweh Tengah usulkan perbaikan jalan dan jembatan

Anggota DPRD Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar bersama aparat Desa Datai Nirui saat melaksanakan reses di desa setempat.ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Masyarakat Desa Datai Nirui Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, mengusulkan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan di desa setempat kepada anggota DPRD setempat melakukan reses di desa setempat. 

Pada pertemuan dengan warga desa setempat Kepala Desa Datai Nirui Naek Marusaha melalui Sekretaris Desa  Artati, Rabu, mengatakan warga desa mengusulkan agar infrastruktur jalan di wilayah Desa Datai Nirui segera ada perbaikan terutama jalan poros menuju simpang empat PT NBL. 

Selanjutnya terkait dengan masalah tenaga pendidik yang tidak aktif, kemudian tenaga medis atau tenaga kesehatan di desa yang hanya dua orang supaya bisa ditambah lagi. 

“Untuk tenaga kesehatan dan penaga pendidik agar pemkab Barito Utara melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan agar bisa menambah tenaga medis dan tenaga guru,” kata Sekdes Datai Nirui.

Anggota BPD Datai Nirui, Randi juga minta kepada Dinas Pendidikan Barito Utara untuk memperhatikan nasib tenaga honorer dan agar di SDN 1 Datai Nirui bisa ditempatkan guru Bahasa Inggris.

“Karena kita sekarang ini sudah memasuki era globalisasi jadi Bahasa Inggris wajib dibudayakan serta komputer untuk anak-anak sekolah sebagai dasar bagi mereka,” kata Randi.

Sementara Kepala SDN 1 Datai Nirui Ibnu Hadi juga mengusulkan untuk pembangunan pagar sekolah, dan guru agama Islam yang masih belum ada di desa setempat. Dan terkait dengan ketidakaktifan guru tersebut bahwa mereka pulang pergi dari Muara Teweh.

“Jadi kalau berhalangan hadir ke sekolah bisa ditutupi atau diganti oleh guru yang lain dan mengenai rapor siswa sudah menggunakan sistem online dari Dinas Pendidikan juga menggunakan sistem aplikasi,” ujarnya.

Anggota Komisi I DPRD Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar mengatakan bahwa yang menjadi prioritas usulan warga masyarakat Desa Datai Nirui adalah infrastruktur jalan dan jembatan karena hal ini yang berulang-ulang disampaikan oleh warga di sini.

“Kemudian terkait dengan ketidakaktifan tenaga pendidik akan kami tekankan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara," kata Mustafa.

Karena, kata dia, hal ini menjadi permasalahan hampir di setiap desa di daerah ini, sehingga perlu penekanan ke dinas terkait, agar ke depannya tenaga pendidik dan tenaga kesehatan bisa aktif di mana ditempatkan atau bertugas khususnya di Desa Datai Nirui ini. 

"Jadi usulan dari warga yang diprioritaskan yaitu jalan yang rusak dan saya berharap supaya pemerintah daerah segera memperbaiki jalan ini dan untuk pemeliharaannya pemerintah desa supaya memelihara jalan ini," ujar Mustafa.