Operasi pasar di Sampit siapkan 1.600 tabung elpiji 3 kg

id Pasar murah di Sampit siapkan 1.600 tabung elpiji 3 kg, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin timur, pasar murah, inflasi

Operasi pasar di Sampit siapkan 1.600 tabung elpiji 3 kg

Suasana pasar murah di Taman Kota Sampit, Selasa (6/9/2022) lalu. Warga berebut berbelanja bahan pokok karena harganya jauh lebih murah dibanding di pasaran. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Operasi pasar akan kembali digelar di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada Minggu (18/9), salah satunya gas elpiji 3 kilogram yang dijual murah.

"Besok operasi pasar murah kita jual elpiji 3 kg dengan harga sesuai HET Rp22.000 per tabung. Jumlah yang disiapkan kurang lebih 1.600 tabung," kata Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto di Sampit, Sabtu.

Alang menjelaskan, untuk operasi pasar elpiji ini Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menggandeng DPC Hiswana Migas dan Pertamina Patra Niaga. Operasi pasar akan kembali digelar di Taman Kota Sampit mulai pukul 09.00 WIB.

Untuk membeli, warga diminta membawa KTP atau Kartu Keluarga. Setiap orang dibatasi hanya boleh membeli satu tabung gas elpiji 3 kg.

Operasi pasar ini untuk membantu masyarakat mendapatkan gas elpiji dan komoditas lain dengan harga murah.  Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Kegiatan ini juga untuk menjaga daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok. Dengan dengan daya beli yang baik diharapkan dapat menekan laju inflasi, khususnya di Sampit.

Baca juga: PMI Kotim perkuat kaderisasi sukarelawan

Ini merupakan intervensi pasar yang ketiga dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bekerjasama dengan pihak-pihak terkait. Akhir Agustus lalu digelar operasi pasar tiga komoditas, kemudian dilanjutkan pasar murah sembako pada awal September lalu.

Alang menegaskan, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur sangat serius melakukan upaya-upaya pengendalian inflasi. Ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo saat rapat pengendalian inflasi di Istana Negara pekan lalu, yang juga dihadiri Bupati Halikinnor. 

"Kami mengimbau masyarakat memanfaatkan momen pasar murah ini untuk membeli kebutuhan pokok. Pemerintah daerah akan terus berupaya agar harga kebutuhan pokok stabil sehingga tidak membebani masyarakat," ujar Alang. 

Sementara itu, harga gas elpiji 3 kg yang dijual di pasar murah tersebut dipastikan lebih murah. Penelusuran di lapangan, saat ini harga elpiji 3 kg di tingkat eceran rata-rata berkisar antara Rp30.000 hingga Rp35.000, bahkan lebih.

Baca juga: IKWI Kotim turun membantu korban banjir

Baca juga: 1.500 pelajar meriahkan Pesta Pramuka Siaga Kotim

Baca juga: Pertamina catat nomor polisi kendaraan agar BBM subsidi tepat sasaran