Anggota DPR RI ajak masyarakat jaga kamtibmas di Kalteng

id DPR RI,Kalteng,Palangka Raya,Agustiar Sabran,PDIP,Komisi III,Anggota DPR RI ajak masyarakat jaga kamtibmas di Kalteng,pt imk,murung raya

Anggota DPR RI ajak masyarakat jaga kamtibmas di Kalteng

Anggota DPR RI dapil Kalteng Agustiar Sabran. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI dari Komisi III Agustiar Sabran mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kalimantan Tengah untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas), sehingga iklim di daerah setempat tetap terjaga dengan baik.

"Saya ada dapat informasi bahwa di lokasi perusahaan  tambang PT Indo Muro Kencana,  di Kabupaten Murung Raya terjadi keributan dengan warga, saya harap hal tersebut tidak mengganggu kamtibmas di daerah kita," kata Agustiar Sabran saat dihubungi melalui telepon  di Palangka Raya, Kamis.

Dia menjelaskan, apabila masyarakat maupun perusahaan setempat ada terjadi kesalahpahaman, alangkah baiknya masyarakat dan perusahaan bisa mencari solusinya dengan cara yang humanis.

Jangan sampai ada suatu masalah, malah memperkeruh dengan cara yang tidak humanis salah satunya saling menggunakan otot serta hal-hal lain, sehingga nantinya dapat merugikan kedua belah pihak.

"Ya kalau ada masalah baik perusahaan maupun masyarakat diharapkan bisa dicarikan solusinya, bagaimana baiknya sehingga kedua belah pihak tidak saling salah paham yang nantinya bisa mengakibatkan hal yang negatif," ucapnya.

Kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran tersebut menegaskan, saat ini kondusifitas di kawasan setempat sudah terjaga dengan baik. Maka dari itu mari seluruh lapisan masyarakat baik itu tokoh adat, tokoh agama serta pemangku kebijakan agar dapat menjaga iklim yang sudah sangat adem di provinsi yang memiliki luas dua kali dari Pulau Jawa itu.

Alangkah baiknya lagi, dalam melaksanakan aktivitas di daerah selalu berpatokan pada Falsafah Huma Betang yang memiliki nilai luhur seperti kesetaraan sesama manusia, kebersamaan, kekeluargaan atau persaudaraan, persatuan dan taat pada hukum.

"Saya harapkan keributan yang sempat terjadi di lokasi tambang antar perusahaan dan masyarakat tidak terjadi lagi, kalau toh ada permasalahan sebaiknya dicarikan solusinya," bebernya.

Sementara itu pasca terjadinya keributan di lokasi pertambangan tersebut, jajaran Polda Kalteng yang menjaga keamanan di areal tambang emas  PT Indo Muro Kencana menertibkan warga yang mengambil batu mengandung emas di lokasi pertambangan.

Hal tersebut disampaikan langsung Kapolres Murung Raya AKBP I gede Putu Widyana melalui Kabag ops Kompol Sahat Maratua Pasaribu, Kamis, mengatakan bahwa penertiban dilaksanakan oleh personel Polda Kalteng yang melaksanakan bawah kendali operasi (BKO) Polres Murung Raya tersebut, dilaksanakan dengan menyampaikan imbauan secara humanis agar masyarakat meninggalkan area pertambangan.

"Penertiban tersebut perlu dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, mengingat di kawasan tambang banyak kendaraan alat berat yang beroperasi. Kegiatan masyarakat tersebut mengganggu aktivitas pertambangan," demikian Sahat Martua Pasaribu.