RSUD Tamiang Layang miliki 15 dokter spesialis, berikut rinciannya

id Rsud tamiang layang, dokter spesialis rsud tamiang layang, dokter ahli, vinny safari, pelayanan kesehatan, pemkab bartim, tamiang layang, bartim, bari

RSUD Tamiang Layang miliki 15 dokter spesialis, berikut rinciannya

Direktur RSUD Tamiang Layang, Vinny Safari. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah kini telah memiliki 15 orang dokter spesialis.

“Dengan adanya dukungan dari kepala daerah, kita terus melakukan pembenahan untuk memberikan pelayanan medis terbaik bagi masyarakat,” kata Direktur RSUD Tamiang Layang, dr Vinny Safari di Tamiang Layang, Sabtu.

Menurutnya, dengan kehadiran 15 dokter ahli tersebut, pihaknya dapat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Barito Timur. Dengan memiliki dokter-dokter spesialis juga, nantinya pasien yang berobat tidak perlu sampai ke luar daerah.

Dokter spesialis yang dimiliki RSUD Tamiang Layang saat ini yakni satu orang spesialis anak, dua orang spesialis bedah, satu orang spesialis penyakit dalam, satu orang spesialis mata, satu orang spesialis THT, satu orang spesialis paru, satu orang spesialis patologi klinik, satu orang spesialis patologi anatomi, satu orang spesialis radiologi dan satu orang orthodontic.

“Ada dua dokter spesialis yang baru, yakni satu orang spesialis forensik dan satu orang spesialis mikrobiologi,” ujarnya.

Dalam menunjang pelayanan para dokter spesialis, RSUD Tamiang Layang juga mengadakan peralatan medis khusus sesuai kebutuhan dan sarana penunjang lainnya pada 2023 mendatang.

Baca juga: Pastikan keaktifan nakes, Wabup Bartim tinjau pelayanan di RSUD

Secara konstitusi, kata dia, pelayanan kesehatan wajib diberikan kepada masyarakat. Peningkatan pelayanan akan diiringi dengan meningkatnya jumlah kunjungan pasien, serta kedepannya peningkatan pemanfaatan RSUD Tamiang Layang akan terus diupayakan.

“Pada 2020 dan 2021 terjadi penurunan pasien rawat inap dan rawat jalan dikarenakan kondisi pandemi COVID-19. Tahun 2022 sudah ada peningkatan pemanfaatan rumah sakit, mudah-mudahan akan terus meningkat,” jelasnya.

Dipaparkan dr Vinny, dua tahun masa pandemi yang membuat RSUD Tamiang Layang fokus pada penanganan COVID-19, khususnya di bidang perawatan dan penyembuhan pasien.

Saat ini, tambah dia, RSUD Tamiang Layang fokus berbenah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan peralatan serta perbekalan rumah sakit.

RSUD Tamiang Layang memerlukan dukungan semua pihak dalam proses pembenahan dan peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan secara berkelanjutan.

“Mohon dukungan masyarakat. Terkait pengaduan layanan agar kiranya bisa menghubungi hotline pada nomor 082255757397. RSUD Tamiang Layang terbuka terhadap kritik dan saran membangun dari masyarakat untuk perbaikan layanan,” demikian dr Vinny Safari.

Baca juga: Polres Bartim selidiki kasus pelemparan batu ke sopir truk hingga berlumuran darah