KNPI Kotim bersiap pilih ketua baru

id KNPI Kotim bersiap pilih ketua baru, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, KNPI kotim, Endra Rosana

KNPI Kotim bersiap pilih ketua baru

Ketua DPD KNPI dan panitia Musda XV DPD KNPI Kotawaringin Timur usai memberikan keterangan pers, Jumat (23/12/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar Musyawarah Daerah XV dengan salah satu agendanya adalah memilih ketua baru periode 2022-2025 menggantikan Endra Rosana yang telah menjabat selama dua periode. 

"Prosesnya kita lakukan secara terbuka. Bagi yang merasa memenuhi persyaratan dan berminat, dipersilakan untuk mendaftar menjadi calon ketua," kata Ketua Steering Committee, Pujianto ditemui di sekretariat KNPI Kotawaringin Timur, Jumat. 

Musyawarah Daerah XV DPD KNPI Kotawaringin Timur dibuka pada Jumat siang. Kegiatan juga diisi dengan KNPI Preneur. 

Panitia mengumumkan secara terbuka pra persyaratan pencalonan ketua KNPI periode 2022-2025. Persyaratan dan kriteria pencalonan ketua DPD KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur 2022-2025.

Persyaratannya yaitu calon ketua dipilih dari peserta Musyawarah Daerah XV tahun 2022. Peserta yang dapat dipilih menjadi calon ketua DPD KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur adalah anggota biasa KNPI dan memenuhi ketentuan. 

Ketentuan yang dimaksud yaitu tidak melebihi dua periode sebagai ketua KNPI, pernah menjadi pengurus kabupaten/kota atau pengurus organisasi kepemudaan (OKP) tingkat kabupaten/kota, dibuktikan dengan menunjukan SK kepengurusan di masing-masing lembaga. 

Bakal calon ketua didukung sekurang-kurangnya 20 persen suara peserta dalam musyawarah daerah KNPI kabupaten/kota. Juga harus mendapatkan rekomendasi dukungan tertulis dari satu Daerah Pengurus Kecamatan KNPI serta sekurang-kurangnya 10 OKP nasional tingkat kabupaten/kota yang berhimpun dalam KNPI dan berstatus sebagai peserta musyawarah daerah KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Baca juga: Kadin Kotim perjuangkan nasib pengusaha lokal

Bakal calon menyampaikan surat pernyataan kesediaan untuk dipilih sebagai calon ketua DPD KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2022-2025. Calon ketua pada saat pelaksanaan Musda XV KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur berusia maksimal 40 tahun;

Ketentuan lainnya yaitu melampirkan daftar riwayat hidup dan pokok pikiran mengenai visi misi serta strategi dan kebijakan dalam memajukan KNPI di hadapan peserta Musda XV KNPI Kotawaringin Timur. Selain itu, melampirkan surat bebas narkoba dari instansi terkait yaitu BNN atau rumah sakit/apotek setempat. 

Calon ketua menyerahkan seluruh berkas selambat-lambatnya 24 Desember 2022 pukul 09.00 WIB. Pengumpulan berkas persyaratan calon ketua KNPI di Sekretariat DPD KNPI Kotim di Jalan Yos Sudarso. 

Pembahasan kepesertaan dan peninjau Musda baru selesai Kamis malam melalui rapat paripurna daerah. Hasilnya, peserta yang sudah dipastikan yaitu 28 OKP, 17 DPK KNPI kecamatan. Juga ada suara tambahan KNPI kabupaten, KNPI provinsi dan Majelis Pemuda Indonesia. Selain itu, masih ada 8 yang akan dibahas Musda apakah sebagai peserta atau peninjau. 

Sementara itu, Endra Rosana berharap Musda XV akan menghasilkan Ketua KNPI yang semakin berkualitas. Dia berharap ke depan calon pemimpin orang yang sudah pernah malang melintang di kepemudaan di Kotawaringin Timur

"Harus bisa lebih baik dibanding periode kami. Lanjutkan dan ditingkatkan. Regenerasi orang yang sudah pernah berkecimpung dan punya kapasitas dan kapabilitas mumpuni di kepemudaan. OKP diharapkan bisa menilai dengan baik," demikian Endra. 

Baca juga: Bupati Kotim pastikan kesiapan menggelar Porprov Kalteng

Baca juga: Tujuh pos didirikan perkuat pengamanan Natal dan Tahun Baru di Kotim

Baca juga: Pemkab Kotim benahi pembangunan kependudukan mengatasi masalah sosial