Bupati Katingan minta pejabat baru perkuat integritas dan profesionalitas

id Bupati Katingan minta pejabat baru perkuat integritas dan profesionalitas, kalteng, Katingan. Sakariyas

Bupati Katingan minta pejabat baru perkuat integritas dan profesionalitas

Bupati Katingan, Sakariyas (dua dari kanan) mengukuhkan, melantik dan mengambil sumpah atau janji pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan pejabat fungsional di halaman kantor bupati setempat di Kasongan, Rabu (4/1/2023). ANTARA/Fernando Rajagukguk

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Sakariyas meminta seluruh pejabat yang baru dilantik agar menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya, berintegritas dan profesional terhadap pelayanan kepada masyarakat.

"Terapkan prinsip nilai dasar kode etik dan perilaku berkomitmen sehingga anda melaksanakan peran masing-masing dengan berintegritas dan profesional," kata Sakariyas di Kasongan, Rabu.

Hal tersebut disampaikannya saat mengukuhkan, melantik dan mengambil sumpah atau janji enam pejabat pimpinan tinggi pratama, puluhan pejabat administrator, pejabat pengawas dan pejabat fungsional di halaman kantor bupati setempat di Kasongan.

Dia menjelaskan pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan ASN dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas. 

Selain itu, persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan  perundang-undangan yang dilakukan secara terbuka dan kompetitif pada tingkat nasional atau antar kabupaten/kota dalam satu provinsi.

Dalam pelaksanaannya dilakukan secara adil dan wajar tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur atau kondisi kecacatan.



"Pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama telah mendapatkan persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) berdasarkan SK Ketua KASN Nomor B-4460/JP.00.00/12/2022 tanggal 20 Desember 2022 tentang Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemkab Katingan," jelasnya. 

Selanjutnya, pria yang pernah menjabat Kepala Bank Kalteng Cabang Kasongan ini menyampaikan pelantikan tersebut dilaksanakan dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta peningkatan kinerja sekaligus bagian dari pola pembinaan karier.

Dalam kesempatan itu, dia mewanti-wanti seluruh pejabat di lingkup Pemkab Katingan baik kepala dinas, kepala bidang, kepala seksi, camat dan lurah/kades dan jabatan lainnya agar mengutamakan kerja sama yang baik dengan staf masing-masing sehingga iklim kerja dalam penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik dapat berjalan baik.

"Saya tidak mau mendengar antara pimpinan dengan anak buah tidak akur. Jika satu, dua bulan ke depan saya mendengar hal tersebut, apa boleh buat saya akan berikan sangsi.Tidak banyak yang saya minta, yang saya minta kerja, kerja dan kerja," demikian Sakariyas.

Berikut nama-nama pejabat pimpinan tinggi pratama setingkat eselon II:

Evie Silvia Baboe menjabat Asisten Administrasi Umum, Adventus menjabat Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Mozard D. Staing menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Kemudian Glorikus G menjabat Kepala Dinas Kesehatan, Toto Jaya menjabat Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah dan Markus menjabat Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah.