Pesantren Ramadhan bantu ratusan pelajar di Kapuas lakukan berbagai kegiatan positif

id Pemkab kapuas, pesantren ramadhan, kuala kapuas, wabup kapuas nafiah ibnor, ramadhan, kapuas

Pesantren Ramadhan bantu ratusan pelajar di Kapuas lakukan berbagai kegiatan positif

Wakil Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor, membuka Pesantren Ramadhan di Kuala Kapuas, Selasa (4/4/2023). (ANTARA/All Ikhwan)

harapnya yang dapat mengisi bulan Suci Ramadhan ini dengan berbagai hal positif bagi kalangan pelajar sembari melaksanakan ibadah puasa.
Kuala Kapuas (ANTARA) - Ratusan peserta yang merupakan pelajar dari tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengikuti Pesantren Ramadhan 1444 Hijriah, yang digelar oleh Angkatan Muda Masjid Agung Al-Mukarram Kuala Kapuas, Selasa (4/4).

"Karena ini bulan puasa, bulan Ramadhan itu banyak sekali hikmahnya, dapat rahmat dari Allah SWT, maka semua remaja, anak-anak kita berdayakan untuk membiasakan beribadah, juga membaca Alquran," kata Wakil Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor di Kuala Kapuas.

Hal itu dia sampaikan saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut di Masjid Agung Al-Mukarram Amanah Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

Kemudian, lanjutnya, kegiatan ini diisi dengan mendiskusikan tentang agama dan cara beribadah serta lainnya dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Kapuas.

"Sehingga nanti keluaran santri-santri ini akan menjadi pemimpin yang akan datang," katanya.

Melalui kegiatan tersebut, ia mengharapkan kepada santri atau peserta untuk mengikuti kegiatan sebaik-baiknya, mengikuti bimbingan guru-gurunya dan para orang tuanya.

"Sehingga, Kapuas cerah masa depan damai sejahtera lahir batin dunia akhirat dan dapat ridho Allah SWT," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Tommy Saputra mengatakan, kegiatan pesantren Ramadhan ini diikuti sekitar 905 peserta dari siswa tingkat SMA/SMK/MA sederajat se-Kabupaten Kapuas.

"Alhamdulillah tahun ini dapat melaksanakan pesantren Ramadhan yang mana tiga tahun lalu kita istirahat, artinya terakhir itu di 2019, karena pandemi tidak bisa melaksanakan," kata Tommy Saputra.

Dalam kegiatan pesantren Ramadhan kali ini diisi dengan materi-materi tentang keagamaan dan juga ada sejumlah lomba memeriahkannya.

"Pada kegiatan pesantren Ramadhan ini kita juga isi dengan lomba kaligrafi, lomba ceramah agama, lomba puisi islami dan lomba fashion show busana muslim," katanya.

Dengan kegiatan-kegiatan itulah, harapnya yang dapat mengisi bulan Suci Ramadhan ini dengan berbagai hal positif bagi kalangan pelajar sembari melaksanakan ibadah puasa.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, untuk kepanitiaan diisi dengan 70 orang berasal dari kampus-kampus di Kapuas seperti STAI Kuala Kapuas, Universitas Cahaya Bangsa, dan remaja di Kuala Kapuas.

Pembukaan kegiatan ini juga ditandai dengan pengalungan tanda peserta oleh Wakil Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor dan penyerahan piala bergilir kepada panitia pelaksana.