Giliran dua legislator Demokrat Kotim pindah partai

id Giliran dua legislator Demokrat Kotim pindah partai, kalteng, Sampit, kotim, DPRD kotim, Parimus, Linda, rambat

Giliran dua legislator Demokrat Kotim pindah partai

Parimus dan Linda (kemeja merah) menyerahkan surat pengunduran diri kepada Ketua DPC Partai Demokrat Kotawaringin Timur Jhon Krisli, Selasa (9/5/2023). ANTARA/HO-warga

Sampit (ANTARA) - Kejutan demi kejutan muncul di masa pengajuan bakal calon anggota legislatif di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kali ini dua legislator dari Fraksi Demokrat yaitu Parimus dan Linda yang mundur dari partai pengusung mereka tersebut dan pindah ke PDIP. 

"Ini adalah pilihan politik. Kami berterima kasih pengunduran diri kami ini diproses. Kami juga memohon maaf atas kesalahan dan kekurangan kami selama ini," kata Parimus di Sampit, Selasa. 

Parimus dan Linda merupakan kader Partai Demokrat yang duduk di DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur hasil pemilu legislatif 2019. Parimus terpilih mewakili daerah pemilihan Kecamatan Telawang, Kota Besi, Cempaga dan Cempaga Hulu, sedangkan Linda terpilih di daerah pemilihan Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Pulau Hanaut dan Teluk Sampit. 

Di pengujung periode ini, Parimus dan Linda kompak mengambil langkah politik cukup mengejutkan. Mereka datang ke kantor DPC Partai Demokrat Kotawaringin Timur untuk menyerahkan surat pengunduran diri dari partai tersebut. 

Kedatangan kedua legislator itu menjadi perhatian karena mereka disertai kader-kader Demokrat lainnya yang sebelumnya merupakan pengurus PAC Partai Demokrat di 13 kecamatan yang juga mengambil langkah politik serupa yaitu mundur dari Partai Demokrat. 

Parimus yang sebelumnya menjabat Ketua DPC Partai Demokrat Kotawaringin Timur kembali menegaskan bahwa langkah politik yang diambil tersebut sudah melalui pertimbangan matang. Dia berterima kasih karena pengurus Partai Demokrat bisa memaklumi keputusan tersebut. 

Baca juga: Pembahasan pajak dan retribusi daerah Kotim pertimbangkan kemampuan masyarakat

"Saya bersama Ibu Linda dan lainnya bergabung ke PDIP. Mudah-mudahan kami bisa diterima dengan baik juga nantinya," ujar Parimus yang akan kembali maju pada pemilu legislatif nanti. 

Langkah politik Parimus dan Linda ini ditanggapi positif pengurus DPC Partai Demokrat Kotawaringin Timur. Ketua DPC Partai Demokrat Kotawaringin Timur Jhon Krisli bahkan memuji sikap keduanya yang secara terbuka dan mengundurkan diri secara baik-baik dari Partai Demokrat. 

Sikap ini menjadi pembelajaran politik yang bagus bagi para politisi dan masyarakat bahwa hubungan baik harus tetap terjalin meski berbeda pilihan politik. Partai Demokrat juga sangat menghargai bahwa itu menjadi keputusan dan hak politik Parimus dan Linda beserta kader lainnya. 

Jhon Krisli berharap hubungan baik dan kekeluargaan di antara mereka tetap terjaga dan tidak sampai rusak hanya karena perbedaan politik. Bahkan dengan besar jiwa Jhon Krisli mendoakan agar Parimus dan Linda kembali terpilih duduk di DPRD Kotawaringin Timur pada pemilu 2024 nanti. 

"Semoga Pak Parimus dan Ibu linda bisa kembali terpilih dan duduk di DPRD agar bisa mewakili konstituennya. Kita doakan semoga beliau berdua bisa sukses," demikian Jhon Krisli. 

Sementara itu, pengunduran diri Parimus dan Linda ini menambah daftar anggota DPRD Kotawaringin Timur yang mundur dan pindah partai di masa pengajuan daftar bakal calon anggota legislatif. Sebelumnya langkah pindah partai dilakukan anggota Fraksi PKB, Rambat yang mengundurkan diri dari PKB dan kemudian bergabung ke Partai Gerindra. 

Baca juga: Tujuh perangkat daerah Pemkab Kotim akan naik tipe

Baca juga: Aksi penolakan RUU Kesehatan tak sampai ganggu pelayanan kesehatan di Kotim

Baca juga: Perusahaan besar di Kotim diminta wujudkan komitmen membantu masyarakat